PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS BUDAYA

Joko Pamungkas,
Nur Hayati,
Ika Budi Maryatun,

Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru TK tentang kurikulum 2013. Tujuan yang kedua dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru TK dalam membuat rancangan Tema, RPPM berbasis budaya.

Pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan hasil PPM Joko Pamungkas pada tahun 2015 dimana belum semua guru mampu secara mandiri mengembangkan RPP sesuai kurikulum 2013. Tema budaya termasuk masih jarang digunakan dalam tema pembelajaran di PAUD karena dirasa sulit dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran  anak usia dini.

Metode dalam pelatihan ini berupa ceramah dan workshop. metode ceramah berisi tentang materi budaya, materi pendekatan saintifik dan materi pengembangan RPP kurikulum 2013. Khalayak  sasaran adalah guru-guru TK yang ada di wilayah DIY berjumlah 37 orang.

Hasil dari PPM ini antara lain guru dapat mengembangkan RPP berbasis budaya. Tema budaya yang dapat dikembangkan yaitu tema budaya, ramadhan dan rekreasi. Lebih dari 75% peserta sudah memahami pengembangan kurikulum 2013 sesuai dengan materi dalam pelatihan ini.

 

Kata kunci: kurikulum, PAUD, budaya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats