MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA KELOMPOK A1TK MADUKISMO

Authors

  • Risky Ramadani

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12378

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara pada anak-anak di TK Madukismo, Bantul, Yogyakarta melalui penggunaan media panggung boneka. Keterampilan berbicara pada anak-anak dilihat dari kemampuan anak dalam ikut aktif berpartisipasi mengungkapkan ide/gagasan dan menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa dan dimana. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif, Subjek yang diteliti anak-anak dari kelompok A1 TK Madukismo yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data  menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal keterampilan berbicara yaitu 52,8% termasuk dalam kriteria kurang baik, pada Siklus I meningkat 12,8% menjadi 65,6% termasuk dalam kriteria cukup, dan pada Siklus II meningkat 22,5% menjadi 88,1% termasuk dalam kriteria baik. Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara yaitu guru bercerita, tanya jawab tentang cerita yang dibawakan guru, anak mengulang cerita yang dibawakan guru, guru memberi motivasi kepada anak untuk ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan.

 

Kata Kunci: keterampilan berbicara, panggung boneka, kelompok A1

Downloads

Published

2016-12-04

How to Cite

Ramadani, R. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA KELOMPOK A1TK MADUKISMO. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12378