PELATIHAN PENGELOLAAN PAUD DI PADUKUHAN SEKITAR UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Authors

  • Nur Hayati
  • Joko Pamungkas
  • Amir Syamsudin

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12343

Abstract

Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini yang sesuai dengan kurikulum dan prinsip pembelajaran bagi anak usia dini diupayakan dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Pelaksanaan pendidikan tidak serta merta dijalankan tanpa menganut pandangan tertentu atau hanya mengandalkan kemauan dan semangat mengembangkan PAUD saja. Pendidikan akan memiliki arah, tujuan dan pelaksanaan yang baik jika dari awal telah direncanakan secara matang. Filosofi merupakan salah satu hal yang harus dijadikan pijakan ketika akan menyelenggarakan pendidikan agar arah pelaksanaannya sistematis dan sesuai dengan tuntutan lingkungan. Pelatihan pengelolaan PAUD yang dilaksanakan di padukuhan sekitar UNY dihadiri sekitar 37 peserta kader PAUD. Metode kegiatandilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek pengemasan pembelajaran. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu hari pertama pada tanggal 8 Juni 2013 dan hari kedua pada tanggal 22 Juni 2013.Kegiatan pelatihan ini terbagi ke dalam 3 (tiga) sesi.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Pengelolaan PAUD, Filosofi PAUD

Downloads

Published

2015-06-13

How to Cite

Hayati, N., Pamungkas, J., & Syamsudin, A. (2015). PELATIHAN PENGELOLAAN PAUD DI PADUKUHAN SEKITAR UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12343