MANAJEMEN PEMBELAJARAN S1 KEPERAWATAN STIKES YOGYAKARTA

Authors

  • Teti Indriati Kastuti FIB Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Lantip Diat Prasojo Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran dilihat dari segi pe-rencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di S1 Keperawatan STIKES Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pembantu Ketua I, III, dosen, kepala bagain akademik, perpustakaan, laboratorium, dan mahasiswa. Data peneli-tian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian bahwa perencanaan pembelajaran: 1) rumusan kompetensi pendukung dan lainnya tidak terjabarkan dalam elemen kompetensi; 2) proses pembelajaran memerlukan team teaching. Pelaksanaan pembelajaran: 1) pembinaan motivasi belajar mahasiswa masih ada dosen yang mengajar berdasarkan mood; 2) bahan ajar dimanfaatkan dengan baik untuk mencapai tujuan instruksional pembelajaran; 3) bimbing-an dan konseling pada saat pengisian KRS; 4) masih ada dosen yang mengganti jadwal. Evaluasi pembelajaran: 1) penamaan mata kuliah IKD 1 dan 2, yang menunjukkan prerequisite, kenyataannya tidak berhubungan; 2) evaluasi dosen  sebatas pelaksanaan administratif.

Kata kunci: manajemen, kurikulum, pembelajaran, keperawatan

Downloads

How to Cite

Kastuti, T. I., & Prasojo, L. D. (2014). MANAJEMEN PEMBELAJARAN S1 KEPERAWATAN STIKES YOGYAKARTA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 106–120. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2413

Issue

Section

Articles