KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI KOORDINATOR WILAYAH SLEMAN TENGAH

Authors

  • Endang Purwanti SMP Negeri 2 Tempel Kabupaten Sleman
  • Anik Ghufron

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2406

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: (1) kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Koordinator Wilayah Sleman Tengah dalam melaksanakan pembelajaran (2) faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Koordinator Wilayah Sleman Tengah dalam melaksanakan pembelajaran secara profesional. Metode penelitian mengguna-kan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian guru Pendidikan Kewarganegaraan 5, Kepala Sekolah 3, guru mata pelajaran lain 9, siswa 6 serta pengawas 1. Teknik pengumpulan data: pengamatan parti-sipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model kualitatif-interaktif. Hasil penelitian: (1) kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri Koor-dinator Wilayah Sleman Tengah dalam pembelajaran kurang. Penyusunan RPP belum serius. Pelaksa-naan pembelajaran didasarkan kebiasaan guru mengajar. Guru belum berperan sebagai pendidik, inovator, dan teladan. Penilaian berbentuk ulangan harian, ujian mid semester dan ujian semesteran, belum mengembangkan instrumen penilaian. (2) Hambatan internal terbatasnya wawasan materi PKn, lemahnya motivasi mempelajari bahan ajar, komitmen belum kuat, terbatasnya pengalaman mengikuti forum ilmiah. Hambatan eksternal terbatasnya media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran kurang menarik ditampilkan di kelas. Keterbatan di sekolah adalah sumber bahan ajar.

Kata kunci; kemampuan guru, mata pelajaran PKN, pembelajaran

Downloads

Published

2014-04-01

How to Cite

Purwanti, E., & Ghufron, A. (2014). KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI KOORDINATOR WILAYAH SLEMAN TENGAH. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 12–27. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2406

Issue

Section

Articles