Path analysis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa

 Rezzy Eko Caraka, S. Sugiarto

Abstract


Pendidikan merupakan aspek fundamental yang perlu diperhatikan  Tujuan utama dari pendidikan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) baik secara personal maupun komunal. Pencerminan dari kualitas SDM yang unggul salah satunya diindikasikan dengan pencapaian prestasi seorang individu pada saat menempuh pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat tinggi. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri dan fakor yang berasal dari luar diri siswa. Faktor yang terdapat dalam diri siswa adalah intelegensi, motivasi, minat, bakat, kondisi fisik, sikap dan kebiasaan siswa. Sedangkan yang termasuk faktor yang berasal dari luar diri siswa adalah keadaan sosial ekonomi, lingkungan, sarana dan prasarana, guru dan cara mengajarnya. Pada penelitian ini digunakan analisis jalur yang merupakan bentuk modifikasi dari analisis regresi dimana variabel bebas yang diteliti tidak hanya mempengaruhi variabel terikat secara langsung, tetapi juga dapat mempengaruhi variabel tersebut secara tidak langsung. Variabel-variabel bebas tersebut memiliki pengaruh langsung dan pengaruh tak langsung terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa  untuk meningkatkan nilai rata-rata UN variable uang saku dan lama akses internet menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh guru dan juga pihak lainnya yang terlibat pada pendidikan selain itu diketahui dari pengaruh tidak langsung.

Kata kunci: prestasi, siswa, analisis jalur, pendidikan

 

PATH ANALYSIS ON FACTORS INFLUENCING STUDENTS ACHIEVEMENT

Abstract

On the one hand, education is a fundamental aspect to pay attention. The main purpose of education is the improvement of the quality of human resources (HR) both personal and communal. The reflection of the superior quality of human resources is indicated by the achievement of individual achievement at the time of education starting from the basic level to high level. Student achievement is influenced by factors that come from within self and that comes from outside. The factors contained within students is the intelligence, motivation, interests, talents, physical conditions, attitudes and habits. Likewise, the factors that come from outside the student is the socio-economic conditions, environment, facilities and infrastructure, teachers and how to teach. Apart from that, In this study, we used path analysis which is a modified form of regression analysis where the independent variables studied not only affect the dependent variable directly but also can affect the variable indirectly. These independent variables have a direct and indirect effect on the dependent variable. Based on the results of the discussion, it can be concluded that to increase the average of the national exam (UN) the variable of allowance and time of internet access become primary factors that need to be considered by teachers and also other parties involved in education other than it is known from indirect influence.

Keywords: Achievement, Student, Path Analysis, Education


Full Text:

Fulltext PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.10910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)


View Journal Statistics