"PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS (Sejarah) DI KELAS 9.1 TENTANG PERANG DUNIA II, DI SMPN 16 KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v12i1.9545Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah peserta didik lebih aktif bertanya dalam memecahkan masalah-masalah yang belum dipahami oleh peserta didik selama pelajaran berlangsung, juga menjadi terbiasa untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan kepada peserta didik, sehingga suasana dalam kelas lebih hidup dan menyenangkan agar dapat meningkatkan semangat dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bersifat deskriptif analitis. Melalui penelitian ini, peneliti berusaha memahami dan menafsirkan suatu peristiwa menurut perspektif dan hasil pengamatan, sehingga penulis mendapat gambaran secara menyeluruh mengenai masalah yang diteliti. Kegiatan bertanya jawab dapat lebih memusatkan perhatian peserta didik terhadap materi yang dibahas sehingga peserta didik merasa takut atau malu bila tidak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta didik lain. Kegiatan bertanya jawab dapat menimbulkan keingintahuan sehingga dapat membangkitkan minat dan perhatian peserta didik terhadap suatu masalah yang sedang dibahas. Kegiatan bertanya jawab dapat mendiagnosis kesulitan belajar selama peserta didik mengikuti proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Metode Tanya Jawab, Peserta didik, Mata pelajaran IPS (Sejarah)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index