Integration of Maritime Values into the Indonesian History Education Curriculum
Integrasi Nilai- Nilai Maritim dalam Kurikulum Pendidikan Sejarah Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai historis tradisi maritim Indonesia ke dalam kurikulum pendidikan sejarah guna memperkuat identitas kebangsaan serta memperkaya pemahaman peserta didik terhadap dinamika peradaban nusantara. Tradisi maritim, yang tercermin dalam aktivitas pelayaran, perdagangan antarpulau, dan budaya bahari masyarakat pesisir, merupakan bagian integral dari sejarah Indonesia namun sering terpinggirkan dalam narasi pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menganalisis dokumen sejarah, kurikulum nasional, dan artikel akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai seperti keterbukaan, kerja sama lintas budaya, dan kemandirian ekonomi dapat ditanamkan melalui pembelajaran sejarah maritim. Integrasi ini tidak hanya memperkaya materi ajar, tetapi juga menumbuhkan kesadaran historis siswa terhadap akar maritim bangsa Indonesia. Dengan demikian, tradisi maritim dapat dijadikan landasan pedagogis yang kontekstual dan relevan dalam pembelajaran sejarah di era global.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulfa Shofi Rohmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index








