RUNTUHNYA DIKOTOMI TRADISIONALIS DAN MODERNIS: MENILIK DINAMIKA SEJARAH NAHDATUL ULAMA DAN MUHAMMADIAYAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v9i1.6258Abstract
Abstrak
NU tradisional dan Muhammadiyah modern adalah pandangan yang sudah umum dikemukakan. Tradisional karena dalam praktek keagamaan, kalangan NU hanya mengikuti pendapat dan menjalankan praktek keagamaan para ulama terdahulu, sehingga yang ada hanyalah taklid dan menolak ijtidah. Demikian pula, ketradisionalan NU biasanya dituduhkan karena banyak praktek ritual yang dicampuradukan oleh kalangan ini dengan budaya-budaya yang sudah ada. Sebaliknya, Muhammadiyah terkenal modern karena golongan ini mencoba membawa Islam agar sesuai dengan tuntutan dan keadaan zaman. Menurut kalangan Muhammadiyah, Islam juga berarti kemajuan sementara agama tidak akan menghambat siapapun yang berusaha untuk mencari ilmu pengetahuan. Namun, dalam perjalanan sejarah, tampaknya dikotomi semacam ini perlu dipertanyakan kembali.
Kenyataan membuktikan bahwa untuk konteks sekarang ternyata sulit untuk mengatakan bahwa NU tradisional, terutama dalam hal pemikiran keagamaan. Dapat dilihat, konsep seperti inklusif, substansial, konvergen, manhaji, dan bahkan liberal, yang sekarang ini sering diusung dan disuarakan di kalangan NU adalah manifestasi dari pemikiran modern. Berpikir kritis sebagai salah satu ciri modern, tampaknya telah dikonsumsi, sehingga wajar apabila di kalangan NU sekarang ini muncul istilah "pemaknaan ulang ahlus Sunnah Waljamaah" dan "pemaknaan ulang konsep bermazdhab". Yang nyata, dalam segala hal praktek keagamaan dan pemikiran keagamaan, menurut kalangan NU ini, boleh dipertanyakan kembali dan bahkan digugat.
Kata Kunci: Berpikir kritis, dikotomi, modern, Muhammadiyah, NU, pemaknaan ulang, dan tradisional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index