STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen): DARI KESADARAN NASIONAL MENUJU KEMERDEKAAN INDONESIA
Abstract
Di tengah penindasan kolonial, muncul sebuah gerakan kesadaran hingga mendesak cita-cita persatuan menuju kemerdekaan yang bermula dari diskusi-diskusi mahasiswa STOVIA, sebuah sekolah kedokteran pribumi yang memberikan gebrakkan perbaikan nasib bangsa Indonesia. Rumusan masalah dalam artikel ini mengkaji awal mula penyadaran akan menentang kolonialisme, termasuk peranan beberapa tokoh-tokoh alumni STOVIA, hingga bagaimana kaitan STOVIA dengan kemerdekaan bangsa. Menggunakan metode penelitian sejarah dengan pengambilan data studi lapangan Museum Kebangkitan Nasional hingga studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya peranan mahasiswa STOVIA sebagai perintis menumbuhkan kesadaran perubahan atas korelasi profesi dokter yang mampu mengkaji kondisi "˜tubuh' sosial bangsa melalui kajian atas kondisi kesehatan masyarakatnya. Beberapa lulusan STOVIA terpanggil menyuarakan pergerakan demi perbaikan. Pergerakan dari lingkungan STOVIA berlanjut sebagai urgensi konsepsi persatuan melalui Manifesto Politik 1925 dan Ikrar Sumpah Pemuda 1945. Pandangan kesadaran berlanjut menuju pentingnya kemerdekaan Indonesia dengan puncaknya pada peristiwa proklamasi yang disempurnakan kembali melalui euforia mempertahankan kemerdekaan hingga mencapai kemerdekaan secara sempurna pada 1950.
References
Momon. 2015. Jong Java Peranannya dalam Persatuan Bangsa. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda.
Raharjo, M., & Kumalasari, D. 2016. "Perkembangan Organisasi Tri Koro Dharmo Pada Masa Pergerakan Nasional Tahun 1915-1918." Risalah, Vol. 1, No. 2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. DR. CIPTO MANGUNKUSUMO.
Reksodihardjo, S. 1992. Dr. Cipto Mangunkusumo. Direktorat Jenderal Kebudayaan.
Hardi. 1988. Meningkatkan Kesadaran Nasional. Jakarta: Yayasan Pencinta Sejarah dan PT Mufti Harun.
Museum Kebangkitan Nasional. 2020. Marie Thomas, Tokoh Bidan Indonesia Lulusan STOVIA. Retrieved from https://muskitnas.net/2020/06/24/marie-thomas-tokoh-bidan-indonesia-lulusan-stovia/
Anshori, N. H. M., dan Tjakrawerdaya, D. 2008. Rekam Jejak Dokter Pejuang & Pelopor Kebangkitan Nasional. Yogyakarta: Lkis.
Kasenda, P., Tangkilisan, Y. & Marihandono, D. 2013. "Dokter Soetomo." Museum Kebangkitan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sugito, A.T. 1998. DR. KRT. RAJIMAN WEDYODININGRAT: Hasil Karya dan Pengabdiannya. Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Pusat Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurjany, Ifah. 2017. Dr. Cipto Mangunkusumo Sang Dokter yang Berjiwa Merdeka. Jakarta: Bee Media Pustaka.
Muara, Vicky. 2019. Kisah Inspiratif Pahlawan Bangsa. Klaten: Penerbit Cempaka Putih.
Ramadhan, F. Sejarah Pahlawan Indonesia. Yogyakarta: Damar Media.
Kuncoro, Suatianingsih. 2013. Buku Pintar Super Lengkap Pahlawan Nasional. Yogyakarta: Familia.
Kuncoro, Sustianingsih. 2015. Ensiklopedia Pahlawan Nasional. Yogyakarta: Istana Media.
Rahardjo, Suparto. 2012. Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi.
Mirnawati. 2022. Pahlawan Pergerakan Kemerdekaan Indonesia 4. Depok: Cerdas Interaktif.
Hartono. 2021. "Peran Kelompok Feminisme Belanda dalam Pendidikan Dokter Marie Thomas Tahun 1912-1922." Kajian Ilmu Sejarah, Vol. 12, No. 1.
As'ad, Rodhi M. Tirto Adhi Soerjo: Bapak Pers Indonesia. Jakarta: Limit Edition.
Komandoko, G. 2006. Kisah 124 Pahlawan dan Pejuang Nusantara. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Sekarlaranti, M., Moersid, F.A., & Saryadi, A. (2014). Sembilan Tokoh Pendiri Boedi Oetomo. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional bekerja sama dengan Paguyuban Pengembangan dan Penerus Cita-Cita Boedi Oetomo.
Arifin, Muhammad Farid. 2018. Gerakan R.M Tirto Adhi Soerjo Melawan Belanda (1903-1913). Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Hamid, Purentia Iswara. 2018. Medan Prijaji 1907-1912: Media Kemajuan Rakyat Bumiputera Hindia Belanda. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ksendra, Peter dkk. 2013. Dokter Soetomo. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Lubis, Nina H. R. M. Tirto Adhi Soerjo (1880-1918) Pelopor Pers Nasional.
Poeze, Harry A dkk. 2008. Di Negeri Penjajah: Orang Indonesia di Negeri Belanda 1600-1950. Jakarta: Gramedia.
Sari, Dita Wulan. 2013. "Peran Dokter-Dokter Bumiputera Alumni STOVIA di Bidang Politik (1900-1930)." Jurnal Avatara, vol. 1 (2), hlm. 167-177.
Scherer, Savitri. 2012. Keselarasan dan Kejanggalan: Pemikiran-Pemikiran Priyayi Nasionalis Jawa Awal Abad XX. Jakarta: Komunitas Bambu.
Yacob, Dharwis Widya Utama dan Firdaus Syam. 2016. "Gerakan Politik Tirto Adhi Soerjo." Jurnal Politik: Kajian Politik dan Masalah Pembangunan, vol. 12 (1), hlm. 1749-1756.
Kuntowijoyo. 2018. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Foulcher, Keith. 2008. Sumpah Pemuda: The Making and Meaning of a Symbol of Indonesian Nationhood. Jakarta: Komunitas Bambu. (Penerjemah: Daniel Situmorang dan Iskandar P. Nugraha).
Hans Pols. 2019. Merawat Bangsa Sejarah Pergerakan Para Dokter. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Marihandono, Djoko dan Harto Juwono. 2014. Perkembangan Pendidikan Kedokteran di Weltevreden: 1851-1926. Jakarta: Muskitnas. (Laporan asli dicetak di G. Kolff & Co di Weltevreden 1926)
Poesponegoro, Marwati dan Nugroho Notosusanto. 2010. Sejarah Nasional Jilid V: Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia (1900-1942). Jakarta: Balai Pustaka.
Poesponegoro, Marwati dan Nugroho Notosusanto. 2010. Sejarah Nasional Jilid VI: Zaman Jepang dan Republik. Jakarta: Balai Pustaka.
Ricklefs, MC. A History of Modern Indonesia Since 1200-2008. Palgrove. (Terjemahan Tim Serambi. Jakarta: Serambi).
Suhartono. 2001. Sejarah Pergerakan Nasional Dari Budi Utomo sampai Proklamasi 1908-1945. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index