EFEKTIVITAS PENDEKATAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5758Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) efektivitas pendekatan terpadu model connected, nested dan pendekatan parsial dalam meningkatkan berpikir kritis, dan (2) pendekatan mana yang lebih efektif antara model connected, nested, dan pendekatan parsial dalam meningkatkan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretes dan postes. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Yogyakarta. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian (ANOVA), yang dilanjutkan dengan uji scheffe (uji S) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan terpadu lebih efektif dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik dibandingkan pendekatan parsial. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan pendekatan terpadu model connected, nested, dan pendekatan parsial. Dengan demikian urutan pendekatan yang lebih efektif dalam meningkatkan berpikir kritis adalah pendekatan terpadu model nested, model connected, dan pendekatan parsial.
Kata kunci: connected, nested, parsial, berpikir kritis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index