KEPENTINGAN REZIM DALAM BUKU TEKS SEJARAH DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v16i1.33401Abstract
Sejarah dikenal sebagai sebuah disiplin ilmu pengetahuan yang mempelajari kehidupan manusia di masa lampau dengan berbagai dinamika dan perkembangannya. Posisi sejarah dalam pembelajaran di sekolah adalah untuk memberikan pemahaman tentang cara dan proses berpikir dalam mengkaji peristiwa-peristiwa masa lalu, serta yang tidak kalah penting adalah penamaman identitas sebagai sebuah bangsa kepada peserta didik. Bentuk lain historiografi dalam ruang lingkup pendidikan formal adalah buku teks. Buku teks di dalam pembelajaran sejarah menempati posisi penting. Sebagai salah satu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah, buku teks sudah selayaknya menyajikan fakta sejarah yang benar-benar objektif, yang tidak semata-mata memuat kepentingan rezim saja. Mengingat tujuan dari pembelajaran sejarah adalah untuk memberikan kesadaran sejarah kepada peserta didik supaya mereka benar-benar mengenal identitasnya. Siswa perlu untuk mengenali identitas bangsa mereka secara utuh, tidak selayaknya mereka menerima doktrin-doktrin yang memiliki kencenderungan politis, mereka harus diupayakan untuk membuka pikiran lebih luas dan membuka diri demi membangun pengetahuan sejarah yang kompleks, dan luas.
References
Abidin, N. F. 2015. Merajut Diskursus: Kajian Materi Ajar Pembelajaran Sejarah dalam Lembaga Pendidikan Formal Indonesia. Prosiding Third Graduate Seminar of History: Perkembangan Mutakhir Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Departemen Sejarah FIB UGM.
Ali, M. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. LKiS.
Carr, E. H. (2018). What is History? Penguin UK.
Hariyono. (2018). Pendidikan Sejarah dan Karakter Bangsa Sebuah Pengantar Dialog. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 1–22.
Harsutejo. (2010). Kamus kejahatan Orba: Cinta Tanah Air dan Bangsa (Cet. 1). Komunitas Bambu.
Husbands, C., Kitson, A., & Pendry, A. (2003). Understanding History Teaching. Open University Press.
Kartodirdjo, S. (2014). Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia. Penerbit Ombak.
Kochhar, S. K. (2008). Teaching of History. Grasindo.
Kuntowijoyo, P. D. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang Pustaka.
Leo Agung, & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak.
Mahardika, M. D. G. (2020). Doktrin Politik Memori dalam Buku Pelajaran di Sekolah. Heuristik.id. https://heuristik.id/doktrin-politik-memori-dalam-buku-pelajaran-sejarah-di-sekolah/
Mc Gregor, K. (2008). Ketika Sejarah Berseragam: Membongkar Ideologi Militer dalam Sejarah Bangsa Indonesia. Syarikat.
Phillips, R. (2003). Reflective Teaching of History (reprinted). Continuum.
Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfa Beta.
Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. 7(1), 9–17.
Sjamsuddin, H. (2000). Penulisan Buku Teks Sejarah: Kriteria dan Permasalahannya. Historia, 1(1).
Subagyo. (2011). Membangun Kesadaran Sejarah. Widya Karya.
Sumantri, M. (2015). Strategi Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.
Tosh, J. (2002). The Pursuit of History: Aims, Methods and New Directions in The Study of Modern History (Rev. 3rd ed). Longman.
Vickers, A. (2005). A History of Modern Indonesia. Cambridge University Press.
Widja, I. Gde. (1991). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Penerbit Angkasa.
Widja, I Gede. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 117–134.
Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index