IMPROVEMENT OF STUDENT'S CRITICAL THINKING ABILITY THROUGH PROBLEM-SOLVING ON THE EVALUATION OF EDUCATION POLICY

Aman Aman

Abstract


ABSTRAK

Penyelenggaraan program magister adalah untuk membekali mahasiswa memiliki berbagai kecakapan baik akademik, spiritual, sosial, maupun keterampilan. Berkaitan dengan kecakapan akademik, maka salah satunya mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, yang pada akhirnya mahasiswa diharapkan memiliki kecakapan dalam menyelesaikan permasalahan disertai dengan kemampuan merumuskan alternative-alternatif solusi permasalahan yang ada di dalam diri dan masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui implementasi metode problem solving pada mata kuliah evaluasi kebijakan pendidikan, 2) bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan implementasi metode problem solving dalam pembelajaran mata kuliah evaluasi kebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode perkuliahan problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses perkuliahan system informasi manajemen mutu pendidikan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada setiap siklus.

Kata Kunci: berpikir kritis, problem solving, dan evaluasi kebijakan.

 

ABSTRACT

The holding of a master's program is to equip students to have a variety of skills, both academic, spiritual, social, and abilities. Related to academic skills, one of them is students who are required to have critical thinking skills, which in the end, students are expected to have the ability to solve problems accompanied by the ability to formulate alternative solutions to the issues that exist in themselves and their communities. This study aims to: 1) find out how to improve students 'critical thinking skills through the implementation of problem-solving methods in educational policy evaluation courses, 2) how to improve students' critical thinking skills by implementing problem-solving methods in learning education policy evaluation courses. This research uses the Classroom Action Research method, which is carried out through the steps of planning, implementation and observation, and reflection. Data sources are students who take education policy evaluation courses. The results showed that: The application of the problem-solving lecture method can improve students' critical thinking skills in the education quality management information system lecture.

Keywords: critical thinking, problem-solving, and policy evaluation.

Full Text:

PDF

References


Adji, S.S., & Harijati, S. (2011) Analisis kemampuan berpikir Kritis pada Aktivitas Tutor Online. Universitas Terbuka. Diambil pada tanggal 9 Februari 2018 dari http://repository.ut.ac.id/6005/1/2011_9.pdf.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2003) Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar.. Jakarta: Rineka Cipta.

Ebosele, P.E. (2012). Critical thinking : essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skill. African Journal of

Mathematics and Computer Science Research. 5. Pp.39-43. Diakses pada tanggal 13 Desember 2013 dari http://www. academicjournals.org

Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fisher, A. (2008). Critical thinking: an introduction (terjemahan Benyamin Hadinata). Jakarta: Erlangga

Hamiyah, Nur & Muhamad Jauhar. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Hayes, J. (1980). The Complete Problem Solver. Philadelphia, The Franklin Institute.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 175-179.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mataka, L.M., Cobern, W.W., Grunert, M., Mutambuki J., & Akom, G. (2014). The Effect Of Using An Explicit General Problem Solving Teaching Approach On Elementary Pre-Service Teachers’ Ability To Solve Heat Transfer Problems. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2(3), 164-174.

Murti, Bisma. (2012). Berpikir kritis (critical thinking). Ilmu Kesehatan Universitas Sebelas Maret. Diakses pada tanggal 8 Februari 2018 dari arl.blog.ittl /kom.ac.id/.

Putera, R.P., Pargito, & Sinaga, R.M., 2014. Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis1. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Lampung.

Rudy kustijono (2012) Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Facebook dalam Mata Kuliah Multimedia Pada Mahasiswa Fisika Unesa. Universitas Negeri Surabaya

Santrock, J.W. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana

Savage, T. V. & Amstrong, D. G. (1996). Effevtive teaching in elementary social studies. New Jersey: Simon & Schuster Company

Schafersman. (1991). An introduction to critical thinking. Diakses pada tanggal 9 Februari 2018 dari http://www.freeinquiryjournal.com/ critical thinking.

Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutikno, S. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zamroni. (2001). Paradigma pendidikan masa depan. Yogyakarta: Bayu Indra Grafika.

Zamroni, (2005). ”Mengembangkan kultur sekolah menuju pendidikan yang bermutu”. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Mengembangkan Kultur Sekolah di Yogyakarta pada tanggal 23 Nopember 2005.




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v15i2.28007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aman Aman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

          

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index.

Translator

View My Journal Stats

Flag Counter