BERSIH DESA “KEBOAN” KOMUNITAS USING DESA ALIYAN KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI

Dwi Ayu Oktavia, Universitas Jember

Abstract


Desa Aliyan merupakan salah satu desa tempat basis berkonsentrasinya Suku Using yang ada di Banyuwangi yang masih kental akan adat budaya leluhurnya, yakni salah satu adat budaya leluhur yang tetap dilestarikan adalah Ritul Keboan. Ritual Keboan merupakan budaya bersih desa yang diselenggarakan setahun sekali, khususnya pada Suku Using. Pelaksanaan ritual ini diadakan berkaitan dengan pertanian yang digelar oleh masyarakat Suku Using di Desa Aliyan pada Bulan Sura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ritual adat kebo-keboan sebagai budaya luhur masyarakat Suku Using kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan tahapan: (1) pemilihan topik, (2) pengumpulan sumber, (3) kritik sumber, (4) interpretasi, (5) penulisan sejarah. Hasil penelitian menunjukkan Ritual Adat  Keboan merupakan salah satu budaya leluhur Suku Using yang masih dilestarikan oleh generasi Using yang berada di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi.


Full Text:

PDF

References


Anoegrajekti, N. 2009. Satra dan Budaya Lokal Masyarakat Using: Diktat. Jember: Fak. Sastra-Universitas Jember.

Anoegrajekti, N., dkk. 2016. Kebudayaan Using: Konstruksi, Identitas, dan Pengembangannya. Yogyakarta: Ombak.

Beatty, A. Variasi Agama di Jawa: Suatu Pendekatan Antropologi. Terjemahkan oleh Syaefuddin, Akhmad Fedyani. 2001. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Salamun, dkk. 2015. Komunitas Adat Using Desa Aliyan Rogojampi Banyuwangi Jawa Timur: Kajian Ritual Keboan. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Sumarsono, dkk. 2009 . Nilai-Nilai Kemasyarakatan pada Masyarakat Using di Banyuwangi. Yogyakarta: Kencana

Syaiful, M., dkk. 2015. Jagat Osing (Seni, Tradisi & Kearifan Lokal Osing). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tim Penelitian Lapangan Antropologi. 2004. Menyibak Ranah Using Sebuah Catatan Etnografis Masyarakat Using. Jember: UNEJ Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v15i2.25367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Ayu Oktavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats