Pengembangan Game Edukasi RPG Mata Pelajaran IPA pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v6i2.89383Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan game edukasi berbasis Role-Playing Game (RPG) berjudul “Atem Realm” sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Lee & Owens, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap desain. Produk yang dihasilkan adalah game interaktif dengan narasi petualangan, karakter, kuis, dan tantangan berbasis materi. Uji kelayakan produk melibatkan validasi oleh ahli media dan ahli materi serta uji coba pada siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa game memenuhi kriteria kelayakan dari segi konten dan tampilan. Selain itu, siswa memberikan tanggapan yang sangat positif, merasa lebih tertarik, termotivasi, dan terbantu dalam memahami konsep abstrak sistem pernapasan. Simpulan utama penelitian ini adalah bahwa game edukasi RPG “Atem Realm” layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung proses belajar IPA, baik secara mandiri maupun di kelas, serta berkontribusi pada pengembangan media digital di abad ke-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardila Rahwati, Yerry Soepriyanto, Agus Wedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.






