Pengembangan Game Edukasi RPG Mata Pelajaran IPA pada Siswa SMP

Authors

  • Ardila Rahwati Universitas Negeri Malang
  • Yerry Soepriyanto Universitas Negeri Malang
  • Agus Wedi National Chiayi University

DOI:

https://doi.org/10.21831/ep.v6i2.89383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan game edukasi berbasis Role-Playing Game (RPG) berjudul “Atem Realm” sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Lee & Owens, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap desain. Produk yang dihasilkan adalah game interaktif dengan narasi petualangan, karakter, kuis, dan tantangan berbasis materi. Uji kelayakan produk melibatkan validasi oleh ahli media dan ahli materi serta uji coba pada siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa game memenuhi kriteria kelayakan dari segi konten dan tampilan. Selain itu, siswa memberikan tanggapan yang sangat positif, merasa lebih tertarik, termotivasi, dan terbantu dalam memahami konsep abstrak sistem pernapasan. Simpulan utama penelitian ini adalah bahwa game edukasi RPG “Atem Realm” layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung proses belajar IPA, baik secara mandiri maupun di kelas, serta berkontribusi pada pengembangan media digital di abad ke-21.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Rahwati, A., Yerry Soepriyanto, & Agus Wedi. (2025). Pengembangan Game Edukasi RPG Mata Pelajaran IPA pada Siswa SMP. Epistema, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.21831/ep.v6i2.89383