Pemanfaatan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Listening Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.79803Keywords:
media audio, kemampuan listening, pembelajaran bahasa Inggris, sekolah dasar, teknologi pendidikanAbstract
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya keterampilan mendengarkan (listening) dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media audio dalam meningkatkan kemampuan listening siswa kelas IV di SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media audio dalam pembelajaran dan kelompok kontrol tanpa media audio. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan listening siswa kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, dengan nilai rata-rata gain sebesar 0,6 (kategori sedang). Media audio terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, membantu mereka memahami materi, dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif. Dengan demikian, penggunaan media audio direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar untuk mendukung peningkatan keterampilan mendengarkan secara menyeluruh.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Baharuddin, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Listening melalui Penggunaan Podcast Berbahasa Inggris pada Siswa Kelas XI MAN 1 Ternate (Suatu Penelitian Tindakan Kelas). JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 9(1), 75-86. https://doi.org/10.59115/juanga.v9i01
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dewi, O. Y. K. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak di TK Waringin Sari. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA. 4(3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8896
Faiza, D., Mayekti, M. H., & Bestari, A. C. Y. (2021). Pelatihan Kemampuan Listening melalui Media Lagu Bahasa Inggris kepada Siswa Kelas X MA Al Ikhsan Beji, Kedungbanteng. Jurnal Abdidas, 2(2), 253-262. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.252
Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. UNY Press.
Indayati, R. (2011). Penggunaan Media Audio Rekaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SDN Bareng 4 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/103729
Jusri, Nurhaedah & Hartoto. (2024). Using Audio Media to Improve Story Listening Skills for Elementary School Students in Gowa Regency. Pinisi Journal of Education, 4(1), 163-171. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/57460
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Pustaka Pelajar.
Mohamadkhani, K., & Farokhi, E. N., & Farokhi, H. N. (2013). The Effect of Using Audio Files on Improving Listening Comprehension. International Journal of Learning & Development, 3(1), 132-137. https://doi.org/10.5296/ijld.v3i1.3187
Rivai, A., & Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Sinar Baru Algensindo.
Rustamana, A., Amelia, F., Fathiya, S., Utami, D., Riza, F. (2023). Pemanfaatan dan Pengembangan Media Non-Cetak: Program Audio, Transparansi dan Audiotransparansi. Sindoro: Cendekia Pendidikan, 1(11), 101–112. https://doi.org/10.9644/sindoro.v1i11.1290
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Zaman & Eliyawati. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. FIP UPI Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.