Analisis Pengaruh Penggunaan Multimedia pada Budaya Literasi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41256Abstract
Pandemi Covid-19 membuat dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat signifikan, dari perubahan cara belajar peserta didik hingga perubahan sarana dan prasana yang digunakan dalam proses pembelajaran. Masalah yang paling menonjol adalah rendahnya minat literasi peserta didik, karena mereka telah mempengaruhi dan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap kecanggihan teknologi masa kini yaitu kecanggihan gadget. Menyikapi hal ini peran pendidik, teknolog pendidikan sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah inovasi-inovasi pembelajaran, seperti pembuatan media pembelajaran yang kreatif, membuat model maupun strategi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Sehingga peserta didik akan tergerak untuk membangun sebuah budaya literasi yang kuat dalam diri mereka. Salah satu teknologi yang dapat diandalkan dalam kondisi pandemi ini, adalah pemanfaatan teknologi multimedia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting penggunaan multimedia untuk meningkatkan budaya literasi peserta didik di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, jenis penelitian perpustakaan. Sumber data diambil dari beberapa jurnal penelitian yang berkaitan dengan topik pembahasan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa produk pengembangan dari media pembelajaran interaktif yang berbasis multimedia sangat efektif untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik, dalam hal peningkatan kemampuan literasi, kecerdasan maupun kognitif mereka. Hasil penelitian ini, secara umum ditinjau dari hasil validasi beberapa ahli materi dan ahli media dengan menggunakan beberapa kategori penilaian dari masing-masing jurnal penelitian. Sehingga, hasil yang diberikan akurat dan terpecaya.References
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Harianto, A., Suryati, S., & Khery, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Dan Elektrokimia. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2), 35. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i2.1588
Kemendagri. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Perpustakaan Kemendagri. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661
Kompas.com. (2021). Aneka Tafsir Data Statistik Corona. https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/06/133640665/aneka-tafsir-data-statistik-corona
Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet
M. Suyanto. (2005). Multimedia : Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/64636/multimedia-alat-untuk-meningkatkan-keunggulan-bersaing.html
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020).
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.