Membelajarkan orangtua menjadi pendamping aktivitas belajar di rumah bagi anaknya saat pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.35424Abstract
Kegiatan PPM ini bertujuan untuk: 1) Memberikan pelatihan kepada orangtua tentang cara meningkatkan kemampuan sebagai pendamping aktivitas belajar di rumah bagi anaknya. 2) Meningkatkan mutu kinerja orangtua dalam melaksanakan pendampingan aktivitas belajar di rumah bagi anaknya.
Kegiatan PPM ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Gantiwarno kecamatan Gantiwarno dengan subyek sebanyak 37 peserta yang terdiri dari orangtua TK dan SD. Metode yang digunakan ceramah, diskusi, dan simulasi/praktek. Metode ceramah dan diskusi digunakan untuk menyampaikan materi dan memahamkan peserta tentang pentingnya peranan orangtua dalam mendampingi kegiatan belajar anak di rumah. Metode praktek/simulasi, digunakan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk merancang aktifitas pendampingan yang dapat membantu anak belajar lebih optimal di rumah.
Hasil kegiatan PPM menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan dan keterampilan peserta tentang cara mendampingi aktifitas belajar anak di rumah meningkat. 2) Kegiatan pelatihan ini dinilai telah mampu memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kemampuan orangtua dalam mendampingi aktiftias anak belajar di rumah. 3) Dihasilkannya tabel rancangan aktifitas pendampingan yang siap diterapkan oleh orangtua di rumah.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.