Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan E-Learning: Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta

Purno Tri Aji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Masduki Zakarijah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Soenarto Soenarto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pandemi Covid-19 mengubah cara pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran jauh atau e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan e-learning oleh guru pada SMK Ma’arif 1 Yogyakarta. Model penelitian ini berdasarkan framework Unified Theory of Acceptance and Use of a Technology (UTAUT). Data didapatkan dari 32 responden melalui kuesioner berskala Likert 5 tingkat. Partial Last Squares – Structural Equation Modeling (PLS – SEM) digunakan sebagai teknik analisis data dengan bantuan software SmartPLS versi 3.3.2. Hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa social influence berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention untuk menerima dan menggunakan e-learning pada guru. Sementara itu, performance expectation, effort expectancy, facilitating condition, dan perceived cost tidak berpengaruh signifikan. 


Keywords


Behavior intention; Covid-19; E-learning; UTAUT; SEM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.40699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter