Sistem K3 pada Pembelajaran Praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY
Muhammad Munir, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bekti Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan pembelajaran praktik di lembaga pendidikan. Kegiatan selama ini telah berlangsung dengan rutin dan baik, tetapi terdapat beberapa faktor keselamatan dan kesehatan kerja yang seharusnya lebih diutamakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY tentang K3 pada pembelajaran praktik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat non-eksperimental dengan metode pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY pada bulan Februari sampai Juni 2018.Tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai K3 pada pembelajaran praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika sudah baik. Oleh karena itu, perlu dipertahankan karena banyak adanya potensi bahaya yang timbul akibat situasi dan kondisi laboratorium dan bengkel. Hal ini perlu adanya tinjauan secara mendalam tentang bagaimana pentingnya penerapan K3 pada saat praktik berlangsung oleh dosen yang mengajar praktik di Prodi Teknik Pendidikan Elektronika dengan memberikan pengetahuan yang lebih mengenai pentingnya penerapan atau pengimplementasian K3 pada saat pembelajaran praktik tersebut berlangsung.
Keywords
K3; pembelajaran praktik; implementasi K3
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.36109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)