ANALISIS DAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK DIGITAL SESUAI RPS

 Ghia Pisti Cikarge, Pipit Utami

Abstract


Mulai kurikulum 2014, Mata Kuliah Praktik Teknik Digital memiliki tambahan beberapa cakupan materi dari Mata Kuliah Praktik Teknik Digital II. Dampak dari hal tersebut adalah berkurangnya waktu pembelajaran untuk penguasaan suatu materi. Oleh karena itu, perlu ada strategi khusus untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran. Tujuan makalah ini untuk menyajikan spesifikasi media pembelajaran pada Mata Kuliah Praktik Teknik Digital Prodi D3 Teknik Elektronika UNY hasil analisis dan desain. Analisis dilakukan secara mendalam terkait Audience, Objective, Task, dan Media Analysis. Analisis dan desain dilakukan dengan beberapa metode, yaitu: observasi, wawancara, angket dan dilanjutkan dengan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesifikasi media pembelajaran yang sesuai pada mata kuliah praktik teknik digital di D3 Teknik Elektronika UNY berupa: (1) trainer yang terdiri atas blok input, blok output, blok development dan blok power; (2) jobsheet yang memuat 12 macam praktik; dan (3) manual book memuat spesifikasi fisik, cara penggunaan dan cara pemeliharaan trainer. Spesifikasi media sebagai hasil analisis dan desain yang dilakukan secara mendalam dan komprehensif  diharapkan akan menghasilkan media pembelajaran yang secara tepat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran yang secara faktual terjadi, yaitu efektifitas pembelajaran dengan waktu yang terbatas. 

Keywords


Analisis Kebutuhan, Desain, Media, RPS, Praktik Teknik Digital

Full Text:

PDF

References


[1] Investopedia. Top 25 Developed and Developing Countries. [Online] 2016. https://www.investopedia.com/updates/top-developing-countries/.

[2] Fahmi, Fikri Zul, McCann, Philip dan Koster, Sierdjan.Creative economy policy in developing countries: The case of Indonesia. 2015, Urban Studies, 54 (6), 1367-1384.

[3] Commerce, The American Chamber of Commerce in Singapore and the U.S. Chamber of. ASEAN Business Outlook Survey. [editor] Jordyn Arndt, Morgan Hughes dan John Goyer. Singapore : The American Chamber of Commerce in Singapore and the U.S. Chamber of Commerce, 2017. 1-56.

[4] OECD & the World Bank in collaboration with ETF, ILO & UNESCO. Indicators of skills for employment and productivity: a conceptual framework and approach for low-income countries. s.l. : OECD, 2013.

[5] Allen, Emma R. Analysis of trends and challenges in the Indonesian labor market. ADB Papers on Indonesia. s.l. : Asian Development Bank, 2016. 1-38.

[6] Nederstigt, Willem & Mulder, Martin.Competence Based Education in Indonesia: Evaluating the Matrix of Competence-Based Education in Indonesian Higher Education. Berlin : Wissenschaftsforum Bildung und Gesellschaft, 2011, Proceedings of the ECER VETNET Conference 2011 'Urban Education'.

[7] Albashiry, Nabeel M, Voogt, Joke M & Pieters, Jules M.Curriculum Design Practices of a Vocational Community College in a Developing Context: Challenges and Needs. 2015, Community College Journal of Research and Practice, 39(12), 1137-1152. ISSN: 1521-0413 (Online) .

[8] Republik, Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretaris Negara Republik Indonesia, 2003.

[9] Trilling, Bernie & Fadel, Charles. 21st century skills. San Francisco : Jossey-Bass, 2009. 978-0-470-47538-6.

[10]Utami, Pipit dan Pardjono. Perbedaan Jigsaw II dan GI terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada kompetensi mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral ditinjau dari motivasi belajar. Yogyakarta : 2013, 3(2). ISSN 2476-9401 (online).

[11]Lindberg, Viveca. Learning Practices in Vocational Education. 2003 (online 2010), Scandinavian Journal of Educational Research , 47(2), 157-179.

[12]Bruijn, Elly de.Teaching in innovative vocational education in the Netherlands. 2012, Teachers and Teaching: theory and practice, 18(6), 637-653.

[13]Khaled, Anne, et al.Characteristics of hands-on simulations with added value for innovative secondary and higher vocational education. 2014, Journal of Vocational Education & Training, 66(4), 462-490.

[14]Masri, Munther W. The Changing Demands of the 21st Century: Challenges to Technical and Vocational Education. Seoul : UNESCO in cooperation with the Government of the Republic of Korea, 1999. the Second International Congress on Technical and Vocational Education.

[15]amm. Lulusan Pendidikan Vokasi Lebih Siap Diserap Industri. Sindonews.com. [Online] 2018. https://nasional.sindonews.com/read/1311674/144/lulusan-pendidikan-vokasi-lebih-siap-diserap-industri-1528179659.

[16]Latuheru, J.D. Media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar kini. Ujung Pandang : Penerbit IKIP Ujung Pandang, 1993.

[17]Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedajogja, 2012.

[18]Sadiman, Arief S., et al. Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2014.

[19]Sumadi. Belajar dengan media pembelajaran. Yogyakarta : Karya Ilmiah Universitas Negeri Yogyakarta, 1972.

[20]Dictionary.Com. trainer. [Online] 2018. [Dikutip: 5 April 2018.] https://www.dictionary.com/browse/trainer.

[21]Dictionaries, Collins. Collins English Dictionary Complete and Unabridged edition (12th edition). s.l. : HarperCollins Publishers., 2014. diakses dari https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/trainer.

[22]Purnawan. Efektifitas Trainer Pneumatik sebagai media pembelajaran pada materi pengontrolan gerak sekuensial. 1, 2012, INVOTEC, Vol. VIII, hal. 46-57.

[23]Bayu, Rizky.Pengembangan trainer instalasi penerangan sebagai media pembelajaran instalasi listrik program keterampilan elektronika di MAN Kendal. 2014, Edu Elektrika Journal , 3(2), 1-8.

[24]Rahmawati, Yuni & Rahmat, Angga Nur.Perancangan trainer sistem recloser berbasis smart relay untuk mata kuliah sistem distribusi dan transmisi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang, 2014, TEKNO, 22(2). ISSN: 1693-8739.

[25]Suprianto, Bambang & Kriswandono, Dandhi Arya.Pengembangan Trainer Sensor Warna Berbasis Arduino Uno untuk Aplikasi Pembaca 8 Jenis Warna pada Mata Kuliah Bengkel Elektronika di Universitas Negeri Surabaya. 2015. Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII. hal. 207-216.

[26]Santoso, D., Slamet, Utami, P., & Wulandari, B. Pengembangan trainer signal conditioning. 016, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(1), 73-84.

[27]Wahyudi, Novi Eko, Mukharomain, Taufiq & Al Ayyubi, Yasril Mahendra. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Sistem Modulasi Dalam Pembelajaran di SMK. Surakarta : Universitas Negeri Sebelas Maret, 2016. ISSN 2541-6731 (Online).

[28]Effenty, Ayu Adillah & Sulistyo, Edy.Pengembangan media pembelajaran trainer CCTV berbasis android pada mata pelajaran PPPEAV di SM KAL 1 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 2018, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 19-25. ISSN 2252-5149.

[29]Merriam-Webster. job sheet. [Online] 2018. [Dikutip: 10 April 2018.] https://www.merriam-webster.com/dictionary/job%20sheet.

[30]Adnyawati, Ni Desak Made Sri. Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Pembelajaran Dekorasi Kue Melalui Metode Demonstrasi Dan Media Job Sheet Mahasiswa Jurusan Pkk Ikip Negeri Singaraja. TH. XXXVII, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, No. 1, 154-166. ISSN 0215-8250.

[31]Trianto. Mendesaian model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2009.

[32]Swari, Putu Kartika Widya & Wirawan, I Made Agus.Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learninng) berbantuan jobsheet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web di kelas X TKJ 4 SMK Negeri 3 Singaraja. 2015, KARMAPATI, 4(3). ISSN 2252-9063.

[33]Fakhri, Faizal & Abdurrahman.Peranan jobsheet of independent lab work based problem terhadap keterampilan praktik siswa SMK pada kopetensi sistem injeksi bahan bakar motor diesel. 2016, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(2), 67-71.

[34]Prastowo, Andi. Pengembanan bahan ajar tematik. Yogyakarta : Diva press, 2013.

[35]Abdillah, M. A.Kelengkapan JobSheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif pada siswa. 2013, Gardan,3(1), 1-10.

[36]Widarto. Panduan penyusunan jobsheet mapel produktif pada SMK. [Online] 2013. [Dikutip: 10 April 2018.] http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-widarto-mpd/panduan-penyusunan-jobsheet-mapel-produktif-pada-smk.pdf.

[37]Clark, Richard E.Dangers in the Evaluation of Instructional Media. 1992, Academic Medicine, 67(12), 819-820.

[38]Taiwo, Sunday.Teachers’ perception of the role of media in classroom teaching in secondary schools. 2009, The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET , 8(1),. 75-83.

[39]Omenge, Obwoge Ronald & Priscah, Mosol J.Understanding the Utilization of Instructional Media in Training Health Professionals. 2016, IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), 5(3), 1-8. ISSN: 2320–1959 (online)

[40]Penyusun, Tim. Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi . Jakarta : Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2016.

[41]Fatchi, Achmad. Wawancara penggunaan media pembelajaran praktik teknik digital. 2018.

[42] Lee, W & Owens, D. Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco : Jossey-Bass/Pfeiffer, 2004.

[43]Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael & Saldana, Johnny. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition. California : SAGE Publications, Inc (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI Press), 2014.

[44]Suratno, Tatang.Pengembangan kreatifitas siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. 12, 2009, Jurnal Pendidikan Dasar.

[45]Isa, M & Burhanuddin, AG.Kemampuan komunikasi matematiksa siswa SMA kota Banda Aceh melalui pembelajaran dan penilaian autentik pada materi turunan. 2015, Jurnal Peluang, Vol. 4(1), 24-36. ISSN: 2302-5158.

[46]Gitasuryawibawa, D..Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Gerbang Digital Dengan Logic Analyzer Untuk Mata Pelajaran Elektronika Dasar Kelas X Teknik Audio Video Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. 2015, E-JPTE, 44(2).

[47]Riana, C. & Susilana, R. Media pembelajaran (Hakikat, pengembangan, pemanfaatan dan penelitian). Bandung : Wacana Prima, 2012.

[48]Trilling, Bernie & Fadel, Charles. 21st century skills: learning for life in our times. San Fransisco : Jossey-Bass, A Wiley Imprint, John Wiley & Sons, Inc. , 2009.




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter