PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KENDALI FUZZY LOGIC BERBASIS ARDUINO NANO PADA MATA KULIAH PRAKTIK SISTEM KENDALI CERDAS

 http://dx.doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.19739

Hernawan Prabowo(1*), Fatchul Arifin(2),

(1) Electronics Engineering Educaation FT UNY
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini berbagai aplikasi dalam bidang industri yang canggih banyak menggunakan kecerdasan buatan. Mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika & Informatika FT UNY memerlukan sebuah media pembelajaran yang terintegrasi antara hardware dan software agar kualitas pembelajaran sesuai dengan tuntutan dunia Industri. Hasil penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran kendali fuzzy logic yang teruji kinerja dan kelayakannya pada mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas. Pendekatan penelitian menggunakan Research and Development dengan 9 tahapan prosedur pengembangan meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, dan (9) revisi produk. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) media pembelajaran kendali fuzzy logic yang dirancang terdiri dari hardware berbasis Arduino Nano dilengkapi jobsheet dengan pemrograman menggunakan Arduino IDE dan library yang mudah untuk dipelajari, (2) Unjuk kerja media pembelajaran sudah berfungsi dengan stabil baik pada setiap bagian maupun secara keseluruhan, (3) Tingkat kelayakan media dan materi memperoleh nilai 86% dan 96%. Tingkat kelayakan pemakaian berdasarkan uji pemakaian kepada 15 mahasiswa diperoleh nilai 85% termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini berarti media pembelajaran ini sangat layak digunakan pada mata kuliah praktik Sistem Kendali Cerdas.


Keywords


Arduino Nano, Fuzzy Logic, Media Pembelajaran, Praktik Sistem Kendali Cerdas

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 11 | views : 12

 http://dx.doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.19739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter