UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER

Iis Ernawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Totok Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server di SMK Negeri 2 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Prosedur pengujian yang digunakan adalah Alpha Testing dan Beta Testing. Subyek penelitian ini adalah para siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Depok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server materi proxy server mendapat penilaian 85,50% dari ahli media, 85,83% dari ahli materi, dan 85,73% dari pengguna atau siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Administrasi Server materi proxy server ini sangat layak digunakan untuk pembelajaran di SMK Negeri 2 Depok.

Keywords


Media Pembelajaran; Interaktif; Administrasi Server

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dyah Ratna Utami.2012. Pengembangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Macromedia Flash Professional 8untuk Siswa Kelas XII Multimedia di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Sulistyono.2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash pada Standar Kompetensi Mengadministrasi Server dalam Jaringan untuk Siswa SMK Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wagiran. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.

Winarno, dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran.Yogyakarta: Genius Prima Media




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter