RANCANG BANGUN APLIKASI E-REPORT PENGADUAN MASYARAKAT DESIGN PUBLIC COMPLAINT E-REPORT APPLICATION
Abstract
Ombudsman RI merupakan lembaga negara yang bertugas menerima laporan dugaan maladministrasi. Ombudsman RI perwakilan provinsi Gorontalo menerima jumlah laporan yang cukup signifikan setiap tahunnya yaitu 122 laporan ditahun 2014, 138 laporan ditahun 2015 dan 146 laporan sepanjang tahun 2016. Tingginya beban penyelesaian laporan setiap Asisten mengakibatkan laporan-laporan jadi tidak tertanggulangi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengusulkan sebuah sistem yang dapat menjadi early warning system, reminder/pengingat sekaligus membantu dalam monitoring laporan baik oleh internal Ombudsman maupun masyarakat sebagai Pelapor. Sistem yang akan dibuat menggunakan fitur sms gateway dan sistem berbasiskan web. Hasil dari penelitian ini yaitu dibuatkannya aplikasi e-report yang bisa membantu Pimpinan dan Asisten dalam penanganan laporan pengaduan masyarakat setiap harinya.
Keywords
Ombudsman RI Provinsi Gorontalo; e-Report; Laporan Pengaduan Maladministrasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Our Journal indexed by:
ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)