Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study
Fatchul Arifin, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dessy Irmawati, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital dan menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Dilihat dari jumlah mahasiswa yang aktif semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajaran. Melalui pembelajaran lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus juga dapat menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.12816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Our Journal indexed by:
ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)