Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study

Bekti Wulandari, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fatchul Arifin, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dessy Irmawati, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital dan menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan  Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Dilihat dari jumlah mahasiswa  yang  aktif  semakin  banyak, perkuliahan  tidak  membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajaran. Melalui pembelajaran lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  sekaligus  juga  dapat  menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif.


Keywords


Lesson study, kerjasama, problem based learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.12816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter