PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DI SDN MRANGGEN 2

Eka Luthfiana,
Mudzanatun Mudzanatun,
Wawan Priyanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama di SDN Mranggen 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Mranggen 2  tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah 33 siswa kelas IV A dan 33 siswa kelas IV B dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil tes siswa yang mendapat strategi Directed Reading Thinking Activity yaitu dari 33 siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa atau 93,94% mencapai KKM sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa atau 6,06%. Siswa yang tidak menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity dari 33 siswa hanya 25 siswa atau 75,76% yang mencapai KKM sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa atau 24,24%. Hasil analisis uji T diperoleh thitung = 5,0617 dan perhitungan ttabel yaitu 2,000. Karena thitung > ttabel yaitu 5,0617 > 2,000 maka sesuai dengan rumusan hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan H1 diterima, kesimpulan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru dapat menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity untuk diterapkan dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan yang lain. Dengan penelitian eksperimen ini, diharapkan guru dapat menggunakan strategi DRTA dalam menemukan kalimat utama dengan bantuan PPT agar pembelajaran lebih menarik dan efisien.

Kata Kunci: Strategi Directed Reading Thinking Activity, Membaca Intensif, Kalimat Utama

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================================================================================================

ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)

 

Creative Commons License
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.

All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640

View My Stats