SELF MONITORING SEBAGAI STRATEGI BELAJAR METAKOGNITIF

Authors

  • Bakhtiar Bakhtiar SMKN 4 Lhokseumawe Aceh Utara

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v7i01.5425

Abstract

Motivasi Belajar sebagai kemampuan iternal pada diri siswa. Perlu dikelola oleh para guru sebagai bekal awal siswa dalam belajar. Guru berperan secara eksternal untuk mendorong siswa agar tumbuh kesadaran diri
tentang kemampuannya. Motivasi juga merupakan kekuatan pada individu yang berperan untuk menata dan menstrukturkan perolehan hasil
belajar. Oleh karena itu penumbuhan  motivosi ini merupakan salah satu
bidang garapan bimbingan belajar siswa. Kesadaran diri akan muncul jika seseorang dapat mengontrol sendiri tentang kemajuan belajar yang telah
dicapai. Terkait dengan hal tersebut, maka self monitoring dipandang sebagai salah satu alternative cara peningkatan motivasi belajar siswa

Downloads

Published

2015-09-12

How to Cite

Bakhtiar, B. (2015). SELF MONITORING SEBAGAI STRATEGI BELAJAR METAKOGNITIF. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 7(01). https://doi.org/10.21831/jig cope.v7i01.5425

Issue

Section

Articles