PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Authors

  • Totok Setyadi SMA N 1 Pengasih Kulon Progo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v7i01.5421

Abstract

Seiring dengan diluncurkannya Konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang resminya akan diberlakukan tahun 2004, trend baru dalam pembelajaran yang dikenal dengan Pendekatan Teaching Learning (CTL) muncul dan mengemuka dengan berbagai kelebihan. Maka tidaklah mengherankan bila hampir seluruh komponen yang terkait dengan dunia pendidikan berusaha untuk memahami, menggali, dan selanjutnya mencoba mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran. Terlebih guru yang memang jelas sebagai pelaku di lapangan mau tidak mau beradaptasi dan mengikuti perkembangan di dunia pendidikan. Ditinjau dari maksudnya, CTL sudah menunjukkan bahwa proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan nyata. Semakin dekat dengan lingkungan/kehidupan nyata maka siswa diharapkan akan lebih dapat belajar dan mengembangkan diri secara alamiah bukan terpaksa atau dipaksa oleh siapapun. Disamping itu melalui CTL juga diharapkan siswa dapat lebih berperan aktif sementara di sisi lain guru akan tidak lagi terlalu mendominasi PBM sehingga baik siswa mauoun guru akan "enjoy" melakukan tugas dan fungsi masing-masing

Downloads

Published

2015-09-12

How to Cite

Setyadi, T. (2015). PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 7(01). https://doi.org/10.21831/jig cope.v7i01.5421

Issue

Section

Articles