PENGEMBANGAN PETA PENGETAHUAN (MENTAL MAP) MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
DOI:
https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v5i02.5358Abstract
Penelitian Tindakan Kelas(PTK) ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa menstrukturisasi pengetahuan hasil belajarnya dengan cara menggambarkan peta pengetahuannya (mental map). untuk memacu perkembangan kemampuan mahasiswa tersebut digunakan pendektatan konstruktivisme melalui tiga tahap (three steps of constructivist learning) sebagaimana yang dikembangkan di Jepang. Sebanyak 55 mahasiswa yang mengambil matakuliah Pendidikan Biologi terlihat sebagai subjek dalam penelitian ini. penelitian menggunakan dua siklus. Siklus pertama mengambil topik Biologi dalam Pendidikan Biologi, siklus kedua mengambil topik siswa sebagai subjek belajar.
Downloads
Published
2015-09-03
How to Cite
Suyanto, S. (2015). PENGEMBANGAN PETA PENGETAHUAN (MENTAL MAP) MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 5(02). https://doi.org/10.21831/jig cope.v5i02.5358
Issue
Section
Articles