STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Retno Kuning Dewi Pusparatri, SMA N 1 Samigaluh Kulon Progo, Indonesia

Abstract


Sosiologi memiliki posisi strategis dalam membahas dan mempelajari masalah­masalah sosial-politik dan budaya yang berkembang di masyarakat dan selalu siap dengan pemikiran kritis dan alternatif menjawab tantangan yang ada. Berdasarkan pengalaman  belajar sosiologi, siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan sikap berpikir kritis. Hal ini terbukti dengan terjadinya kesulitan siswa untuk mengungkapkan pendapat dan ide pemecahan masalah dalam dampak perubahan sosial yang dibicarakan. Ketidakmampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat jelas berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Akibatnya ketika siswa menghadapi masalah, mereka kesulitan untuk menyelesaikannya, sehingga mengambil jalan pintas dengan bunuh diri, minum-minuman keras dan sebagainya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Tujuan yang ingin dicapai oleh Strategi P BM adalah kemampuan siswa untuk berpikir kritis, analitis, sistematis dan logis untuk menemukan alternatif pemecahan masalah melalui eksplorasi data secara empiris dalam rangka menumbuhkan sikap ilmiah. Model pembelajaran berdasarkan masalah adalah model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa pada masalah autentik, sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan keterampilan yang lebih tinggi dan inkuiri, memandirikan siswa, dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri. Strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi bercirikan penggunaan masalahdalam kehidupannyata yang diharapkan ketika diterapkan dalam pembelajaran sosiologi materi dampak perubahan sosial mampu menghantarkan siswa dalam meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kritis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i2.3961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter