PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS 8 SMP IT MASJID SYUHADA' YOGYAKARTA

Ririn Rekno Winahyu, SMP N 6 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkanmutupembelqjaranmatematika di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakartayang ditunjukan dalam meningkatnya prestasi belajar siswa. Diharapkan 60% darijumlah siswa kelas 8 SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta telah menguasai, memahami dan mampu menerapkan konsep matematika sehingga mendapatkan nilai ulanganharian lebih dari atau sama dengan 50. Metode penelitian  menggunakan metode tutor sebaya. Jenis penelitian menggunakan prinsip dasar penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 silkus. Subyek penelitian adalah kelas 8 dengan jumlah siswa 16 orang SMP IT Masjid Syuhada. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, catatan lapangan dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan 2 buah instrumen yaitu instrumen observasi yang dipergunakan lembar observasi siswa, guru, balikandan instrumenpenilaianyang digunakan lembar kerja siswa(LKS), tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis diskriptif kualitatif dimana lembar observasi siswa, guru, balikan menggunakan angket dan instrumen penilian menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat siswa terhadap pelajaran matematika cukup rendah (55%). Partisipasi siswa dalam aktivitas kurang dengan dilihat dari peran siswa dalam menjawab pertanyaan guru (56,25%), peran siswa dalam membantu teman yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru juga kurang (50%). Aktivitas pada saat mengerjakan LKS, peran siswa dalam membantu siswa yang belum bisa masuk kategori kurang (50%). Pada siklus 1 nilai rata-rata tes 30,38. Pada siklus 2 rata-rata 46,67 dan siklus 3 rata-rata 37,81. Dari 3 siklus yang berhasil siklus 2 dengan tingkat ketuntasan 60%. Sedangkan dari rata-rata nilai siswa belum berhasil untuk semua siklus. Pelaksanaan model tutor sebaya guru membentuk kelompok dengan kemampuan heterogen, memberikan informasi tentang materi yang diajarkan, guru memberikan permasalahan  kepada masing-masing kelompok untuk didiskusikan,anggota kelompok yang sudah jelas memberi penjelasan pada anggota kelompok yang belum jelas. Siswa diminta menjelaskan hasil jawaban didepan kelas, siswa lain menanggapi, guru memberikan motivasi pada setiap kelompok

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i2.3960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter