UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BElAJAR MELALUI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Marijan Marijan SMP N 5 Wates Kulon Progo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3954

Abstract

Motivasi  belajar peserta  didik  SMP sekarang  ini  cenderung  rendah  yang dapat dibaca melalui perilaku  keseharian antara lain, tidak mau mengerjakan tugas ataupun  kalau  mau  selalu  molar,  tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), tidak menjawab   pertanyaan    guru  mengenai materi  ajar,  tidak  mau  bertanya   untuk tahu tentang materi, tidak memperhatikan penjelasan   guru,  datang  terlambat,  dan tidak datang tanpa ijin. Motivasi  belajar peserta   didik   ini  ada  hubungan   yang signifikan  dengan  ketercapaian  prestasi belajarnya. Semakin tinggi motivasi belajar semakin  tinggi  pula  hasil  belajar  yang dicapainya.  Keberhasilan yang  tinggi  ini diawali  dengan  upaya mencari  berbagai strategi  belajar hingga diperoleh strategi yang  benar-benar   menyenangkan.   Oleh karena tingginya peran  motivasi terhadap keberhasilan   belajar  maka peningkatan motivasi sangat perlu  diupayakan.  Upaya guru dalam mendongkrak prestasi  belajar peserta didik melalui peningkatan motivasi dilakukan dengan strategi  sebagai berikut, 1) menyisihkan waktu 5-10 menit di ujung pembelajaran  guna menunjukkan tokoh sukses karena keuletan belajarnya, 2) meningkatkan kemandirian, ~ecakapan dan profesinya selama kegiatan, pembelajaran dan dalam pergaulan, 3) meningkatkansikap disiplin baik pada  proses  pembelajaran maupun penerapan pemantauan sikap peserta didiknya, 4) mengadakan kolaborasi positif  dengan orang  tua/wali peserta didik  dan 5) menanamkan  pada  peserta·didik  secara terus menerus bahwa belajar .itu sangat penting untuk menghadapi masa depan

Downloads

Published

2015-03-17

How to Cite

Marijan, M. (2015). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BElAJAR MELALUI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(01). https://doi.org/10.21831/jig cope.v16i01.3954

Issue

Section

Articles