IMPLEMENTASI METODE PETA KONSEPDALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBAGAI JENIS KARANGANSISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • - Kusmarmi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2965

Abstract

Pengambangan kompetensi pembelajaran menulis di Sekolah MenengahAtas menjadi beban yang tidak ringan bagi guru maupun peserta didik, karena untukmencapai kompetensi dasar itu peserta didik dan guru harus berkolaborasi dalamproses pembelajaran dan menjalin komunikasi aktif selain itu pemilihan metode yangtepat memegang peran penting. Peta konsep menjadi salah satu metode yang tepatuntuk pembelajaran menulis berbagai jenis karangan, karena dengan peta konseppeserta didik dengan mudah mengorganisasikan ide, gagasan, pendapat, maupunpemikirannya. Tulisan yang dihasilkan pun logis, sistematis dan mudah dipahamioleh pembaca. Penerapan metode peta konsep dalam pembelajaran menulis berbagaijenis karangan siswa Sekolah Menengah Atas mudah dilaksanakan karena caranyasimpel. Peserta didik tidak mudah bosan karena segala ide dapat dituangkan melalauigambar yang diberi kata kunci dan garis-garis lengkung dalam setiap cabang denganpensil warna-warni yang menarik.

Author Biography

- Kusmarmi

Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Pakem Kab. Sleman

Downloads

Published

2013-05-01

How to Cite

Kusmarmi, .-. (2013). IMPLEMENTASI METODE PETA KONSEPDALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBAGAI JENIS KARANGANSISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i1.2965