PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SD

Authors

  • Binti Muakhirin

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2933

Abstract

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Adapun tujuannya antara lain : (1) Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dapat
terlaksana dengan optimal, (2) Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan proses
ilmiahnya, (3) Peserta didik dapat mengonstruksi sendiri pengetahuannya melalui kegiatan
inkuiri, (4) Pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik (student center learning), (5)
Pembelajaran akan lebih bermakna, sehingga berdampak pada hasil belajar yang meningkat.
Pencapaian optimalisasi peningkatan pembelajaran tersebut dapat dicapai menggunakan
salah satu pendekatan pembelajaran yaitu inkuiri yang melatih siswa berpikir kritis dan
ilmiah.
Kata Kunci : pendekatan inkuiri, hasil belajar, IPA

Author Biography

Binti Muakhirin

SD Negeri Cibuk Lor Seyegan

Downloads

Published

2015-02-06

How to Cite

Muakhirin, B. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i1.2933