OPTIMALISASI SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PEER OBSERVATION

Reni Herawati

Abstract


Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan mengoptimalkan supervisi akademik
berbasis evaluasi diri guru secara kolaboratif yang dilakukan melalui peer
observation. Indikator keberhasilan ditentukan oleh tingkat keprofesian guru
dalam melaksanakan peer observation dilihat dari dua dimensi yaitu persepsi guru dan keprofesian guru. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa peer observation memberikan hasil positif yaitu perbaikan persepsi guru pada supervisi. Implementasi peer observation juga memberikan perbaikan yang signifikan pada keprofesian guru dalam melaksanakan peer observation diukur dari empat indikator: 1) aspek 'paham bagaimana melakukan’ mengalami kenaikan sebesar 33.3%; 2) aspek ‘dapat melakukan’ sebesar 58,1%; 3) aspek ‘mau melakukan’ memberi konstribusi sebesar 36.1%; 4) dan aspek ‘mau mengembangkan’ meningkat sebesar 50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peer observation memberikan hasil positif untuk mengoptimalkan supervisi akademik 


Full Text:

PDF Untitled PDF

References


Glickman, C.D., Gordon, S.P., & Gordon, J.M.R. 2007. “Supervision and Instructional Leadership A Developmental Approach”.Seventh Edition. New York: Pearson Education, Inc.

Kemmis and McTaggart. 1994.”TheAction Research Planner”, Dekain University

Richards, Jack C. dan Rodgers, Theodore S. 2001.Approaches and Methods in Language Teaching: a Description and Analysis. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, Jack C. dan Lockhart, Charles. 2000. Reflective Teaching in Second Language Classrooms. Cambridge: Cambridge University Press.

Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.

Suharsimi Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsional Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Williams, K. 2009. Introducing Management a Development

Guide. New York: Elsevier Ltd


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter