ANALISIS BUDI PEKERTI "˜PENDIDIKAN KARAKTER' DALAM LAGU DOLANAN ANAK

Authors

  • Basuki Basuki SMP Wonoasri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v21i1.19217

Abstract

Lagu dolanan anak mengandung kristalisasi nilai kearifan lokal budaya Jawa.
Dalam hal ini nilai-nilai kerarifan lokal memuat Pendidikan Budi Pekerti (PBP) yang adiluhung. Penanaman PBP perlu dilakukan kepada anak sejak dini. Penanaman nilai-nilai PBP dalam lagu dolanan anak dapat dilakukan dengan baik apabila pembelajarannya menyenangkan (joyful learning) dan pemahamannya secara total. Untuk mencapai dua hal tersebut, perlu dilakukan analisis PBP dalam lagu dolanan anak. Analisis dilakukan dengan metode SAS (Struktur Analisis Sintesis). Untuk pemahaman lagu dolanan anak secara total, diperlukan HOT (High Order Thinking).

References

Dimermen, Sara. 2009. Character is The Key. Canada: Wiley.

Depdiknas. 2001. Pedoman Pendidikan Budi Pekerti pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Buku I. Jakarta: Dijen Dikdasmen.

Depdiknas. 2002. Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang.

Henarusti, Danit. 2016. Pendidikan Karakter.

http://aufklarungarea. blogspot.co.id/2016/02/pendidikan-karakter.

html

Padmopuspita, Asia, 1996. Pustaka Sumber Ajaran Budi Pekerti. Makalah seminar, Yogyakarta: IKIP.

Pradipta, Budya. 1996. Pendidikan Budi Pekerti dalam Mualatan Lokal Bahasa Jawa. Makalah seminar. Yogyakarta: IKIP.

Sanjaya, Arie. 2016. Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Dan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar dalam COPE (Caraka Olah Pikir Edukatif) Vol 20. No. 1 tahun 2016.

Tap MPR No. X/MPR/1998 tentang PokokPokok Reformasi Pembangunan Dalam Rangka Penyelamatan Dan Normalisasi

Kehidupan Nasional Sebagai Haluan Negara

Tap MPR N0. IV/MPR/1999 tentang Garisgaris Besar Haluan Negara.

UU No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2018-04-05

How to Cite

Basuki, B. (2018). ANALISIS BUDI PEKERTI "˜PENDIDIKAN KARAKTER’ DALAM LAGU DOLANAN ANAK. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 21(1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v21i1.19217

Issue

Section

Articles