Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B Mts Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan praktikum berbasis masalah nyata materi pengukuran tahun pelajaran 2023-2024

R. Arief Toto Purwandaru, MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pembelajaran IPA di MTs/SMP menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung kepada siswa dalam mempelajari peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, kehidupan sehari-hari, dan masyarakat modern yang sarat dengan teknologi. Hal ini akan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Realita di sekolah ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di MTs/SMP. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui praktikum berbasis masalah nyata materi pengukuran tahun pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di kelas VII B MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari pengamatan praktikum siswa, aktivitas belajar siswa, dan nilai tes hasil belajar. Pengamatan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pra tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Analisis data dilakukan dengan deskripksi kualitatif yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum berbasis masalah nyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta pada materi pengukuran. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 5,7 pada pra tindakan menjadi 8,9 pada siklus 1, dan menjadi 10,16 pada siklus 2. Sedangkan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 68,16 pada pra tindakan naik menjadi 87, 06 pada tindakan 1 dan naik menjadi 88,28 pada tindakan 2. Praktikum berbasis masalah nyata direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Keywords


Peningkatan; aktivitas; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Anggareni, N.W., Ristiati, N.P., & Widiyanti, N.L.P.M. (2015). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1), 1-14.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hermansyah, Gunawan, & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtua Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemapuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242

Hisyam, Z. (2010). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD UIN.

Indriastuti. (2015). Implementasi strategi pembelajaran inkuri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa smp. Jurnal.pasca.undiksha.ac.id

Salira, A.B., Logayah, D.S., Holilah, M., Rakhman, M.A., Trianti, T., Darmawan, R.A., Kirani., K. (2023). Persepsi Peserta Didik SMP Kelas VII Terhadap Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Wuny, 5(2), 1-12. 10.21831/jwuny.v5i2.64955

Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Widiastuti, A., Supriatna, N., Disman, D., Nurbayani, S. (2022). Pedagogi Kreatif Dalam Pembelajaran IPS: Studi Di SMP Negeri 2 Pandak Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Wuny, 4(1), 1-15. https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.48379

Widiastuti, A., Supriatna, N., Disman, D., Nurbayani, S. (2023). Application of Lev Vygotsky’s Theory in Social Studies Learning Using Social Action Projects Based on Creative Pedagogy to Increase Student Engagement. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(3), 4164-4174. DOI: 10.35445/alishlah.v15i3.3429

Yamin, M. (2007). Kiat Membetajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.72661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats