Pemanfaatan model pembelajaran TGT berbantuan Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar teks eksplanasi

Afid Andono, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2G Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan keaktifan belajar dan hasil belajar yang rendah akibat kurangnya variatif dalam metode pengajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi dampak dari penerapan model TGT. Metodologi penelitian ini melibatkan 29 siswa dan dijalankan melalui dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dalam dua pertemuan. Pengukuran keaktifan belajar dilakukan melalui lembar observasi, sementara hasil belajar diukur menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Hasil dari siklus pertama menunjukkan bahwa hanya 52% siswa yang mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai di atas 76, meninggalkan 48% siswa belum mencapai KKM. Namun, siklus kedua mencatat peningkatan signifikan dengan 86% siswa mencapai atau melebihi KKM, serta peningkatan rata-rata kelas dari 70,97 menjadi 81,96. Peningkatan ini menandakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berkontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa, menunjukkan potensi model ini sebagai strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

Keywords


hasil belajar; pembelajaran; TGT

Full Text:

PDF

References


Afifah, Uci Ulfa Nur. (2020). “Pengaruh Penggunaan Pendekatan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Modern, Volume 06, Nomor 1, hlm.: 1 – 12.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Fajriyanti, Annisa Nur. (2022). “Efektifitas Medel Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Game Edukasi Wordwall pada Materi Pemanasan Global Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP”. Skripsi, Magelang: Universitas Tidar Magelang.

Fetriani, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Lamaran Pekerjaan Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Inovasi, Volume 6, Nomor 3, hlm.: 49 – 59.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Putri, Diana Octavia. (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Banatuan Padlet dan Kahoot terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik”. Skripsi, Magelang: Universitas Tidar

Yono, Robert Rizki dan Antika, Tri Linda. (2023). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Bhakti Praja Margadana, Kota Tegal”. Jurnal Era Lingua, Volume 1. Nomor 1, hal.:7 – 16.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.72280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats