Apakah budaya sekolah mempengaruhi karakter siswa?: Kajian meta-analisis

Sholeh Hafidz, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Budaya sekolah dapat membantu siswa meningkatkan karakter siswa di sekolah. Melalui budaya sekolah dengan pembiasaan di lingkungan sekolah berupa budaya jujur, saling percaya, kerja sama, membaca, disiplin, efisien, bersih, berprestasi, dan memberi penghargaan, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap nilai karakter siswa. Berbagai penelitian terdahulu telah banyak mengkonfirmasi bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Namun studi tunggal seperti penelitian regresi atau korelasi memiliki keterbatasan situasi tertentu seperti waktu, jumlah sampel dan konteks, sehingga hasil temuan menjadi kurang akurat. Berdasarkan Gap ini maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi meta-analisis terkait pengaruh budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa dengan menggunakan pendekatan meta-analisis. Desain meta-analisis yang digunakan adalah meta-analisis correlational dengan menganalisis 10 studi primer dengan jumlah sampel (N = 886) yang memenuhi kriteria inklusi yang ditentukan. Hasil analisis dengan menggunakan pendekatan fixed-effect diperoleh ukuran efek gabungan sebesar (g = 1.42; p < 0,01). Ukuran efek ini berada pada kategori “Efek Sangat Besar”. Ini berarti bahwa secara keseluruhan, budaya sekolah berpengaruh sangat besar terhadap karakter siswa. Temuan meta-analisis ini dapat memberikan kesimpulan yang lebih akurat dan dapat dipercaya dibandingkan studi tunggal. Selain itu studi ini juga dapat dapat memberikan ringkasan dari semua bukti tentang topik tertentu dan membantu mengidentifikasi area penelitian yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Keywords


karakter siswa; budaya sekolah; Meta-Analisis

Full Text:

PDF

References


Agnesa, O. S., & Fitriana, Q. D. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Mi Al-Ma’arif 01 Kabupaten Sorong. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 9-14.

Ansar, A., Irmawanty, I., & Rukman, W. Y. (2020). Pengaruh budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa. KROMATIN: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1).

Borenstein, M., Hedges, L. V, & Rothstein, H. R. (2009). Introductionto Meta-Analysis (Issue January). John Wiley & Sons.Hunter, J. E., & Schmidt, F. L. (2004). Methods of meta-analysis: Correcting error and bias in research findings.Sage

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge Taylor & Francis Group.

Darmayati, O., Suntoro, I., & Yanzi, H. (2015). Pengaruh Budaya dan Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa (Doctoral dissertation, Lampung University).

Davies, P. (2000). The relevance of systematic reviews to educational policy and practice. Oxford Review of Education, 26(3-4), 365-378.

ELIAWATI, T. (2021). THE ROLE OF SCHOOL CULTURE IN IMPROVING STUDENTS CHARACTER. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(3), 101-107.

Furkan, N. (2014). The implentation of character education through the school culture in sma negeri 1 dompu and sma negeri kilo dompu regency. Journal of Literature, Languages and Linguistics, 3(1), 14-44.

Harahap, N., & Harahap, A. H. J. (2023). The Role of School Culture in Improving Student Character at MIS Bina Insan. Education Achievement: Journal of Science and Research, 63-73.

Istiqomah, I., Dewi, S. E. K., & Kholidin, N. (2022). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 1(1), 11-19.

Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta (1st ed.). UPI PRESS.

Junik, A. F., & Rahmawati, S. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V di Gugus II Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia, 4(2), 8-8.

Kamaruddin, S. A. (2012). Character education and students social behavior. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(4), 223-230.

Lian, B., Kristiawan, M., Ammelia, D., Primasari, G., Anggung, M., & Prasetyo, M. (2020). Teachers’ model in building students’ character. Journal of Critical Reviews, 7(14), 927-932.

Mawardi, M., & Indayani, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas 5 Sd Negeri 6 Subulussalam Kota Subulussalam. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3(2).

Milson, A. J. (2003). TEACHERS'SENSE OF EFFICACY FOR THE FORMATION OF STUDENTS'CHARACTER. Journal of Character Education, 1(2), 89.

Mullen, B., Muellerleile, P., & Bryant, B. (2001). Cumulative metaanalysis: A consideration of indicators of sufficiency and stability. Personality and Social Psychology Bulletin, 27(11), 1450– 1462. https://doi.org/10.1177/014616720 12711006

Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh budaya sekolah terhadap karakter religius siswa di sd it noor hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 119-131.

Ohlson, M. (2009). Examining Instructional Leadership: A Study of School Culture and Teacher Quality Characteristics Influencing Student Outcomes. Florida Journal of Educational Administration & Policy, 2(2), 102-124.

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh perhatian orang tua, budaya sekolah, dan teman sebaya terhadap karakter religius anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439-2452.

Retnawati, H., Apino, E., Djidu, H., & Kartianom. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Paroma Publishing

Safitri, D. D. (2018). Managing school based on character building in the context of religious school culture (Case in Indonesia). Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 274-294.

Seider, S. (2012). Character compass: How powerful school culture can point students toward success. Harvard Education Press

Tabroni, I., Nasihah, F., & Bahijah, I. (2021). The Implementation Of School Culture-Based Character Education In Salem State Elementary School, Pondoksalam Subdistrict, Indonesia. Erudio Journal of Educational Innovation, 8(2), 202-208.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.72277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats