Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Materi Sistem Reproduksi Manusia berdasarkan Jenis Kelamin

Rizki Arumning Tyas, Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


IPA merupakan mata pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari karena objek IPA adalah segala sesuatu yang bersifat nyata dan konkret di alam semesta. Tetapi, tidak dapat dipungkiri, beberapa materi dalam IPA adalah materi yang abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung, sehingga membutuhkan konstruksi konsep yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas 9 SMP pada materi system reproduksi manusia yang dianalisis berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Al Fawwaz, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi dengan sampel 109 peserta didik kelas 9 yang terdiri dari 56 peserta didik perempuan dan 53 peserta didik laki-laki. Metode tes yang dilakukan adalah tes diagnosis dengan soal pilihan ganda sebanyak 30 nomor yang dilengkapi dengan alasan terbuka dan persentase tingkat keyakinan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58% peserta didik perempuan dan 66% peserta didik laki-laki mengalami miskonsepsi. Konsep mengenai organ system reproduksi wanita serta upaya perlindungan diri dari penyakit system reproduksi merupakan konsep dengan rentang miskonsepsi paling tinggi.

Keywords


miskonsepsi, system reproduksi manusia, jenis kelamin

Full Text:

PDF

References


Andariana, A., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2020). Identification of Biology Students’ Misconceptions in Human Anatomy and Physiology Course Through Three-Tier Diagnostic Test. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1071–1085. https://doi.org/10.17478/JEGYS.752438

Anjarsari, P. (2018). The Common Science Misconceptions in Indonesia Junior High School Students. Journal of Science Education Research, 2018(1), 21–24. www.journal.uny.ac.id/jser

Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. Pancasakti Science Education Journal PSEJ, 3(1), 1–8. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej

Dewi, E. P., & Wulandari, F. (2021). Identification of Misconceptions in Science Learning During the Covid-19 Pandemic Using the CRI (Certainty of Response Index) Method for Primary school Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 145–150. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.876

Hardy, M. N., Dian Saraswati, L., & Udiyono, A. (2016). Gambaran Perkembangan Pubertas dan Perbedaan Usia Awal Pubertas Siswa Siswi Sekolah Dasar (Studi di Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(1), 2356–3346. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm

Hayssen, V. (2020). Misconceptions about Conception and Other Fallacies: Historical Bias in Reproductive Biology. Integrative and Comparative Biology, 60(3), 683–691. https://doi.org/10.1093/icb/icaa035

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018a). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124–139.

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018b). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124.

Kurtuluş, M. A., & Tatar, N. (2021). An Analysis of Scientific Articles on Science Misconceptions: A Bibliometric Research. Elementary Education Online, 20(1), 192–207. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.022

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403

Nesi, M., & Akobiarek, M. (2018). Pengaruh Minat dan Penggunaan Metode terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(1), 80–94. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.257

Pratama, S., Idrus, A. al, Kusmiyati, & Setiadi, D. (2020). Analisis Miskonsepsi pada Materi Sistem Reproduksi Siswa Kelas XI MAN 1 Lombok Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(3), 59–65.

Putri, R., Wiyanto, A. , & Alimah, S. (2017a). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Putri, R., Wiyanto, A. , & Alimah, S. (2017b). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Ramadhani, R., Hasanudin, & Asiah, M. D. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Unggul Ali Hasjmy Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1), 1–9.

Soeharto, Csapo, B., Sarimanah, E., Dewi, F. I., & Sabri, T. (2019). A Review of Students’ Common Misconceptions in Science and Their Diagnostic Assessment Tools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18649

Yip, D. Y. (1998). Children’s misconceptions on reproduction and implications for teaching. Journal of Biological Education, 33(1), 21–26. https://doi.org/10.1080/00219266.1998.9655632

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 50–58.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.67049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats