Relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS

Amarudin Annas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aditya Indit Noveles, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mila Kholidatun Nikmah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nuzaela Nafisatul Muna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ranida Seviana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Vida Khotrunada, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anik Widiastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk dapat mengembangkan potensi dalam dirinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai moral kehidupan. Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan tanpa membeda-bedakan berdasarkan latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya. Melalui pendidikan, seseorang dapat mencapai kemerdekaan dalam hidupnya sehingga mampu untuk membuat keputusan dalam hidupnya, mengelola waktu dengan baik, mandiri, serta profesional ketika menjalani pekerjaan. Dalam mewujudkan generasi bangsa yang berakal budi dan memiliki kebijaksanaan dalam berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur kebudayaan di tengah era globalisasi sekarang ini, maka perlu adanya upaya-upaya konkret berupa pengajaran budi pekerti pada peserta didik dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur (Library research), dimana peneliti menggunakan beberapa literatur untuk memperoleh data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi relevansi nilai-nilai luhur kebudayaan terhadap budi pekerti peserta didik dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan mengintegrasikan budaya tepo seliro dengan pembelajaran IPS yang telah dirancang oleh pendidik, sehingga pembelajaran mencangkup nilai-nilai budaya yang luhur meliputi pengajaran kearifan lokal, tradisi, adat istiadat, dan etika yang ada dalam budaya masyarakat. Pembelajaran melalui penerapan nilai-nilai budaya bertujuan untuk membentuk peserta didik yang bertanggung jawab terhadap perkembangan budi pekerti mereka sehingga dalam kehidupan bermasyarakat mereka dapat memberi dampak positif di lingkungannya. Hal tersebut selaras dengan tujuan dari pembelajaran IPS yaitu untuk menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizen).


Keywords


Nilai-nilai Luhur Kebudayaan, Budi Pekerti & Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319

Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/523

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

Falaq, Y. (2023). Nilai-nilai sosial tradisi Gusjigang sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. 10(01), 57–68. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199

Herdiana, Y., Ali, M., Hasanah, A., & Syamsul Arifin, B. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya. Rayah Al-Islam, 5(02), 523–541. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.483

Intania, N. I., Fadilah, S. N., Sadewa, A., Khafifah, T. N., Melati, E., Yulianti, E., Sahara, A., & Azizah, P. I. (2021). Implementasi Budaya Tepo Seliro sebagai Wujud Pembinaan Karakter Peserta Didik Generasi Alpha dalam Pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 183–201. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/41967

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Muthoifin, & Jinan, M. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA: STUDI KRITIS PEMIKIRAN KARAKTER DAN BUDI PEKERTI DALAM TINJAUAN ISLAM. Profetika; Jurnal Studi Islam, 16(2), 167–180.

Muzakki, H. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Ki Hajar Dewantara serta Relevansinya dalam Kurikulum 2013. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 261–282. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.64

Nugroho, S. (2022). BUDI PEKERTI MENJALIN PERSAHABATAN MELALUI UCAPAN DALAM SERAT SANASUNU KARYA R.Ng. YASADIPURA II. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(1), 78–92. https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.34244

Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2021). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 345–354. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1833

Sanusi, S. (2016). Hubungan pendidikan karakter dengan budi pekerti siswa di smp megeri 2 galesong kabupaten takalar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 123–140. https://ojs.unm.ac.id/index.php/PSN-HSIS/article/viewFile/2737/1477

Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.710

Tilaar, H. A. . (2006). Standarisasi Pendidikan Nasional. Rineka Cipta.

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. B. (2017). Perjuangan Ki Hajar Dewantara: Dari Politik ke Pendidikan. In Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Museum Kebangkitan Nasional. https://www.merdeka.com/ki-hadjar-dewantoro/profil/

Zuriatin, Nurhasanah, & Nurlaila. (2021). Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Ips, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.37630/jpi.v11i1.442




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.66437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats