PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI ASAM BASA

Ayu Arum Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dyah Purwaningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik LKPD Elektronik (e- LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa; (2) mengetahui kelayakan LKPD Elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa berdasarkan penilaian guru; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan adalah e-LKPD berbasis problem based learning pada materi asam basa berbantuan liveworksheets. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara guru, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli, lembar uji kelayakan produk untuk guru, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk data kualitatif berupa saran dan masukan dari ahli pembelajaran, serta deskriptif kuantitatif dengan kategori penilaian ideal untuk data kuantitatif kelayakan produk dari penilaian guru dan respon peserta didik. eLKPD yang dikembangkan dinyatakan layak pada seluruh aspek meliputi aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Produk ini memiliki kriteria sangat baik (SB) menurut penilaian guru dengan persentase keidealan sebesar 89,71% dan berdasarkan respon peserta didik memperoleh persentase keidealan 92,11%.

Keywords


asam basa, e-LKPD, liveworksheets, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Alejandro, R., Rosario, C., & Juan, B. (2010). Problem based learning (PBL) : analysis of

continuous stirred tank chemical reactors with a process control approach. International

Journal of Software Engineering & Applications (IJSEA), 1(4), 54-73.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan

Sekolah Menengah Atas.

Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan pengembangan lkpd berbasis

keterampilan proses sains (kps) dan penyusunan instrumen asesmen kps bagi guru ipa.

Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1).

Istiqomah, N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2019). Analisis hasil belajar siswa melalui

pembelajaran menggunakan lks berbasis poe (predict, observe, explain) berbantu phet

simulation. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 248-253. doi:10.19184/jpf.v8i4.15233

Jansson, S., Soderstrom, H., Andersson, P., & Nording, M. (2015). Implementation of problembased

learning

in

environmental

chemistry.

Journal of Chemical Education, 92 (12).

-2086.

Lathifah, M. F., & Hidayati, B. N. (2021). Efektivitas lkpd elektronik sebagai media

pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di ypi bidayatul jidayah

ampenan. 1-6.

Murni, A. W., & Yasin, F. N. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis

proyek pada materi siklus air kelas V sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6196-6210.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem based learning untuk

meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan

Vokasi, 4(1).

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan e-lkpd interaktif segi banyak beraturan

dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas

iv sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1).

Savery, J. R. (2015). Overview of problem based learning : Definition and distinctions.

Essential readings in problem based learning : Exploring and extending the legacy of

Howard S. Barrow.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional development for training

teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Yuliandriati, Susilawati, & Rozalinda. (2019). pengembangan lembar kerja peserta didik

berbasis problem based learning pada materi ikatan kimia kelas x. Jurnal Tadris

Kimiya, 4(1), 105-120.

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan media pembelajaran flashcard

ipa smp materi tata surya. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS,

(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.66387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats