EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTEGRATED LEARNING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH PADA MATA KULIAH MUSEOLOGI DAN SEJARAH PARIWISATA 2021/2022

Rhoma Dwi Yuliantri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Risky Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta
Ebtana Sella Mayang Fitri, Universitas Negeri Yogyakarta
Indri Kurniawati, Universitas Negeri Yogyakarta
Aman Aman, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran integrated learning  yaitu collaborative lecture dengan tipe 4CS. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi dalam pembelajaran yang menekankan pada berbagai keahlian untuk ketercapian dalam tujuan pembelajaran yang lebih optimal dan evektif. Integrated Learning diantaranya dilakukan dengan collaborative lecture dilakukan dengan lintas program studi dan lintas universitas yaitu Prodi Pendidikan Sejarah S1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta dengan Prodi S1Tata Kelola Seni Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta di mata kuliah Museologi dan Sejarah Pariwisata dengan penerapan 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, and creativity) yang bertujuan agar pembelajaran lebih bermakna dengan keterlibatan aktif peserta didik. Metode kuantitatif dengan Uji T akan digunakan untuk mengukur keberhasilan pembelacaran collaborative teacher dengan tipe demonstrative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sebanyak 56,5% setuju  dan 35,5% sangat setuju dengan perkuliahan kolaborasi dosen dari univeritas lain untuk memperdalam pengetahuan. Hasil uji T menunjukan hasil nilai t sebesar 18,001 artinya t hit lebih besar dari t tabel, dan sign asymp <0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara metode klasik dengan metode integrated learning.


Keywords


Pembelajaran, Integrated Learning, Museologi, Pendidikan Sejarah, Sejarah Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Jogjakarta.

Direktorat Pendidikan dan kebudayaan (2018), Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi padaKetrampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Ebel R.L. (1986). Essential of educational measurement, third edition. New Jersey: Prentice Hall.Inc.

Guba, E.G & Lincoln, Y.S. (1981). Effective evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publisher.

Kirkpatrick, D.L. (1994). Evaluating training programs, the four levels. San Francisco: Berrett-Koehler Pablishers.

Ismayanti, 2010. Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia.

Mahagangga, Oka. 2020. Buku Handbook Ilmu Pariwisata Karakter dan Prospek. Denpasar:

Prenadamedia Group.

Mathieson, A. And Wall, G. 1982. Tourism Economic, Physical and Social Impacts. New

York : Jhon Wiley & Sons.

Kuswono dan Bobi, Hidayat. (2014). Implementasi Pembeajaran Integrated Pada Perkuliahan Pendidikan Ilmu Sosial Di FKIP UM Metro. Jurnal Historia, Volume 2 No.2.

Saragih, Mandra, dkk. (2021). Desain Model Pembelajaran 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa. Jurnal EduTech Vol. 7 No. 2.

Septikasari, Resti dan Frasandy, Rendi, N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VIII Edisi 02.

Sodikin, Amir , “Pariwisata Akhirnya Diakui sebagai Disiplin Ilmu”, Kompas, 6 Juni 2008.

Nurhidayati. 2013. Perspektif Keilmuan Pariwisata. Surabaya: Universitas Airlangga.

Marstine, Janet (edt). (2006). New Museum Theory and Practice, Blackwell Publishing.

Rossi, P., & Howard.E.F. (1985). Evaluation systematic approach. Thousand Oaks: SAGE Publication.

Stufflebeam, D. L. & Shinkfield, A. J. (1985). Systematic evaluation: A self-insttructional guide to theory and practice. Boston: Kluwer-Nijihoff Publishing.

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran, panduan praktis bagi penddik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://www.unicef.org/




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats