Analaisis Model Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Di SMA N 19 Bulukumba

Fadli Fadli, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas belajar di SMA N 19 Bulukumba. penelitian ini dilakukan melihat kondidi peserta didik yang aktivitas belajaranya sanga menurung belakangan ini, begitu banyak problem dalam proses pembelajaran, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitaif deskriktif yaitu jenis penelitian studi dokumen serta dilakukan pula okservasi awal sebagai acuan untuk menentukan penelitian. Dengan kata lain, dilakukan ovservasi sebagai langka awal kemudian mencari sumber-sumber tertulis maupun tak tertulis yang relevan denga penelitian. Hasil dari penelitian ini kita dapat mengetahuan bagaimana penerapan model pembelajaran inkuri yang mampu mengatasi perrmasalahan yang ada di sekolah SMA N 19 Bulukumba, kita dapat mengetahuai bagaimana aktivitas belajar peserta didik yang ada disekolah tersebut, dan kit dapat mengetahui pentingnya sebuah inovasi terhadap model pembelajaran yang diterapkan disekolah agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif.


Full Text:

PDF

References


Akhyar, S. (2006). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Cita Pustaka Media.

Hartanto, W. (2016). Peran Pendidikan Etika Dalam Membangun Peradaban Bangsa.

I Nengah, P. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri: Refleksi, Membangun Pertanyaan, Penghalusan Pengetahuan, Internalisasi Pengetahuan (cet 1). Malang: UM PRESS.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Cakra Books.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016a). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016b). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pramayogi, I., Puji, R. P. N., & Hartanto, W. (2019). INOVASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, Vol. 1 No., 17–19.

Putro, H. porda nugroho. (2012). Model pembelajaran Sejarah Untuk meningkatakan kesadaran sejarah melaui pendekatan inkuiri. Paramita, Vol. 22, N, 207–216.

Saiman, M. (2006). Inovasi Metode Pembelajaran Sejarah, 73–85.

Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 1, 54–64.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.50124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats