Inovasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Sejarah Lokal di SMAN 1 Rasau Jaya

Reyhan Ainun Yafi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah lokal dan inovasi materi sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Rasau Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut 1) pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah lokal masih sangat minim. 2) Inovasi materi sejarah lokal sudah diterapkan oleh guru dengan memilih tema pendudukan Jepang di Kalimantan Barat yang terdapat di kelas XI dengan KD  3.4 yakni menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia.


Keywords


inovasi pembelajaran, sejarah lokal, pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Afrillyan, M., Syahputra, D., & Ardianto, D. T. (2021). MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH. 4(1), 85–94.

Aman. (2015). Penilian Otentik: Teori dan Praktik dalam Pembelajaran Sejarah. UNY Press.

Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. Diva Press.

Jumardi. (2020). Relevansi Nilai-Nilai Sejarah Lokal dan Nasionalisme Generasi Muda. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH, 9(1), 74–89.

Kammens, C. (2003). On Doing Local History. Altamira Press.

Kusnoto, Y., & Misnandar, F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal: Pemahaman Kontens Bagi Mahasiswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 125–137. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.428

Nurdiansyah. (2021). Pemanfaatan Sejarah Lokal Kerajaan Siak sebagai Sumber Belajar untuk Mengembangkan Kesadaran Sejarah Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 518–526.

Nurdiansyah, & Fahyuni, E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Permana, R. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah. Media Edukasi Indonesia.

Prasetyo, R. R., Basri, L. O. A., & Syahrun. (2017). Pemanfaatan Sejarah Lokal Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 144–150.

Putri, L., & Basri, W. (2021). Analisis Perbedaan Minat Baca Sejarah Indonesia antara Siswa Peminatan IPA dengan Siswa Peminatan IPS Kelas XI SMA Negeri 1 Kubung. Jurnal Kronologi, 3(3).

Saleh, Z. (2012). Pengembangan Potensi Diri Anak Melalui Program Kegiatan Islami Majelis Anak Shaleh Kota Pare-Pare. IAIN Parepare.

Supardi. (2014). Supardi. 2014. Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 2, No.1, 2014. Jurnal Pembangunan Pendidikan.

Syafaruddin. (2017). Pembelajaran Inovatif dan Kompetensi Sosial Guru. Prosiding Seminar Nasional.

Zunidar. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Nizhamiyah, 9(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.50120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats