KESENIAN BAJIDORAN DAN MODERNITAS DI JAWA BARAT

Nurhabibah Sabandiah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Dari beberapa bentuk kesenian yang masih hidup di Jawa Barat, khusunya di Karawang dan Subang terdapat salah satu bentuk kesenian yang belakangan ini berkembang pesat serta kelompoknya menjamur di mana-mana. Bentuk kesenian tersebut adalah kesenian Bajidoran. Terdapat perbedaan antara kesenian bajidoran di Karawang dan Subang, baik dalam sejarah, gaya dan ritualnya. Selain itu, di era modern ini pengaruh budaya popular semakin marak di kalangan masyarakat. Sehingga, terdapat pengaruh modernitas dalam kesenian bajidoran yang mempengaruhi sajian dan fungsi kesenian bajidoran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan perbedaan kesenian Bajidoran antara Karawang dan Subang serta menunjukan bagaimana pengaruh modernitas dalam kesenian bajidoran di Jawa Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif jenis etnografi dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Keywords


Bajidoran; Kesenian; Modernitas

Full Text:

PDF

References


Caturwati, Endang, 2006, “Perempuan dan Ronggeng” Bandung: Pusat Kajian Lintas Budaya. Caturwati, Caturwati. 2007. Tari Di Tatar Sunda. Bandung: STSI Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1981/1982, “Ronggeng Gunung Sebuah Kesenian Rakyat di Kabupaten Ciamis”, Jawa Barat: Direktorat Jendral Kebudayaan.

Hadi, Y. Sumandiyo, 2003. “Aspek Aspek Dasar Koreografi Kelompok”. Yogyakarta: Elkaphi.

_____,2006. “Seni Dalam Ritual Agama”. Yogyakarta: Pustaka.

_____,2007. “Kajian Tari Teks dan Konteks”. Yogyakarta: Pustaka Book Punlisher.

_____,2005. “Sosiologi Sebuah Pengantar Awal. Yogyakarta: Pustaka.

_____2007. “Kajian Tari Teks dan Konteks”. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hawkins, Alma M, 1990. “Creating Trough Dance- Mencipta Lewat Tari” terjemahan Y. Sumandyo Hadi. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Herdiani, Een, 2003. “Bajidoran di Karawang dan Perubahan”. Bandung: Hasta Wahana. Iyus, Rusliana, 2009, “Kompilasi Istilah Tari Sunda” Bandung: LPBB.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.46868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats