PENINGKATAN CAPAIAN PENGUMPULAN TUGAS AKTIF DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE FORM

Mohamad Deden Mutakin, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengumpulan tugas aktif dengan menggunakan google form di kelas 1 G Multilingual Tsanawiyah pada pembelajaran IPS Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan analisis data menggunakan analisis diskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi google form mampu meningkatkan capaian peningkatan pengumpulan tugas aktif dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 7(5), 395-402; doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Andyansyah, I. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Berbasis Google Form Untuk Mengukur Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Nahdatul Ulama Pakis. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dewi, W. A. F. (2020) Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55-61.

Dirjenpendis Kemenag. (2020). http://itjen.kemenag.go.id. [Diakses pada tanggal 18 Januari 2021].

Ginting, H. (2020). Perubahan Perilaku sebagai Respon terhadap Wabah COVID-19. Tulisan Edukasi HIMPSI di Masa Pandemi COVID-19. Seri 14. https://Covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/perubahan-perilaku-sebagai-respon-terhadapwabah-Covid-19 [Diakses pada tanggal 25 Juni 2020].

Honyue & Rajib. (2020). Identifying Research Trends and Gaps in the Context

of COVID-19. International Journal of Environtmental Research and Public Health. 17, 3370; doi:10.3390/ijerph17103370.

Kemendikbud. (2020). http://kemendikbud.go.id. [Diakses pada tanggal 18 Januari 2021].

Nasution, S. (2002). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. Jurnal As-Salam I. 9(2), 123-144. Edisi: Juli-Desember 2020 Hal. 123-144

Nurhadi & Paraja. (2014). Google Apps. Semarang: Pusat Komputer UNES.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4(4), 861-872.

Pemda DIY. (2020). http://corona.jogjaprov.go.id. [Diakses pada tanggal 18 Januari 2021].

Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, R., Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347-354. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Shapir Hotel, 21 September 2019 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. ISBN: 9788-602-53231-4-0. 287-292.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, l. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maradewi, m., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 7(1), 45-67.

Wulandari, P., Haswani, M., & Khotimah, H. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran di SMAN 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2(1), 421-425.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.45351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats