PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN PADA PESERTA DIDIK SMP

Uswatun Hasanah, SMP Negeri 2 TemonKulon ProgoYogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kategori kelayakan dan keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Temon.

Penelitian  ini  adalah  research  and  development  dengan model  Borg  dan  Gall dengan modifikasi delapan langkah pengembangan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba terbatas, revisi produk, uji lapangan, revisi produk dan diseminasi secara terbatas. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi produk RPP dan LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon peserta didik  terhadap  LKPD  yang dikembangkan,  dan  tes  keterampilan  berpikir kritis dan pengambilan keputusan. Kelayakan perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan dianalisis secara kualitatif. Pada uji lapangan, keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan rata-rata gain score ternormalisasi serta uji multivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan (1) layak dipergunakan menurut ahli IPA yang terdiri dosen dan guru, dan (2) efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan peserta didik. Nilai gain score kelas eksperimen masing-masing dengan 0,73 dan 0,67 pada kategori sedang dan di kelas kontrol masing-masing 0,24 dan 0,25 pada kategori rendah. Keefektifan juga dibuktikan menggunakan uji Manova dengan hasil signifikansi 0,000 pada taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05), artinya ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan sebagai dampak terlatihnya  berpikir  peserta  didik  selama  mengikuti  pembelajaran  IPA  berbasis KBSB.

 

 

 

 

Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis, Pengambilan Keputusan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.43682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats