PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

marwani marwani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan hasil pemanfaatan video pembelajaran muatan pelajaran IPS melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas VI C SD Negeri Wonosari I, Gunungkidul. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatatif berdasarkan fakta dan keadaan selama guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Pada penelitian ini, data-data dikumpulkan melalui observasi, assessment, teknik dokumentasi terhadap data-data yang berkaitan dengan permasalahan motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran jarak jauh. Data-data yang dianalisis adalah keadaan awal, pelaksanaan pembelajaran dengan video pembelajaran, hambatan dan strategi pemecahan masalah, dampak serta tindak lanjutnya. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis angket yang diberikan diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran tematik terpadu muatan pelajaran IPS dengan video pembelajaran, lebih dari 80% siswa merasa senang dan tertarik mengikuti pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan pula oleh meningkatnya ketepatan kehadiran siswa di kelas maya dan pengumpulan tugas tepat waktu. Perolehan hasil belajar dapat dideskripsikan bahwa 26 dari 28 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal atau sebesar 92,86%. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa 85,18. Dari indikator tersebut kemudian dijadikan penulis untuk menarik kesimpulan bahwa pemanfaatan video pembelajaran melalui pembelajaran jarak jauh dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Keywords


video pembelajaran; hasil belajar; pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.43494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats