PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PENGAJARAN SPEAKING PADA MATERI ASKING FOR AND GIVING OPINION

Nur Endah Sulistyorini, SMK Negeri 5 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing merupakan proses pembelajaran jangka panjang. Proses tersebut meliputi menginternalisasikan budaya pada proses pengajaran. Dengan kata lain, belajar bahasa membutuhkan waktu dan pembiasaan yang berkesinanbungan.   Dalam proses tersebut motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan mereka tentang bahasa target. Mengajarkan  bahasa yaitu menciptakan suasana berkomunikasi yang senantiasa  merangsang keingintahuan mereka tentang bahasa target.

Dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris, guru menghadapi beberapa kondisi dimana peserta didik memiliki karakteristik dan minat masing-masing. Mereka cenderung memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Kondisi ini terkait dengan latar belakang mereka dimana hal tersebut mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris. Dengan kondisi tersebut, perlu adanya kerja sama antar siswa untuk saling menguatkan dan memotivasi dalam proses  pembelajaran bahasa. Guru harus mencoba berbagai model pembelajaran yang paling cocok untuk memecahkan masalah di kelasnya sehingga proses belajar mengajar berjalan sesuai harapan.

Tulisan ini  membahas tentang penerapan model pembelajaran Cooperative Learning, bagaimana langkah-langkah pembelajarannya dan apakah model pembelajaran tersebut dapat menciptakan lingkungan belajar yang  efektif, aktif  dan menyenangkan.


Keywords


Cooperative Learning, Pembelajaran Speaking

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.43083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats